Kompas.com - 22/08/2012, 08:53 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Untuk memperbaiki suasana hati yang muram karena pasien menderita depresi, dokter biasana meresepkan obat dengan kandungan asam valproik. Rupanya kandungan obat untuk mengatasi depresi ini bisa ditemukan pada bahan makanan alami, yakni coklat, buah berries, dan teh.

Penemuan ini merupakan hasil sebuah riset dipimpin oleh Karina Martinez-Mayorga, PhD yang dilakukan di Institut Torrey Pines dan di Universitas Otonomi Nasional Meksiko. Dalam riset tersebut, tim menemukan molekul pada coklat, buah dan berbagai makanan kaya omega 3 asam lemak bertindak sebagai peningkat mood.

"Dari penelitian, terbukti coklat, blueberry, raspberry, stroberi dan teh bisa menjadi menstabilkan mood atau suasana hati," ujarnya.

Martinez - Mayorga mengatakan, para ahli tengah mengembangkan temuan ini untuk diolah menjadi obat untuk menjaga kesehatan kognitif, meningkatkan kewaspadaan mental serta menunda terjadinya kehilangan ingatan. Temuan penelitian ini akan dibandingkan asam valproik, untuk dianalis sejauh apa mampu mempengaruhi suasana hati penderita depresi.

Ia berharap temuan ini menjadi rekomendasi baru atau suplemen gizi dengan resiko efek sampingnya lebih sedikit. Namun, patut diingat bahwa temuan ini tidak bisa diartikan sebagai pengganti obat-obat anti depresi. Untuk mereka yang tidak meminu obat anti depresi, gaya hidup sehat sudah terbukti meningkatkan mood.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.