Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/04/2013, 10:08 WIB

KOMPAS.com — Banyak yang mengatakan wanita yang hamil di usia relatif muda cenderung lebih mudah langsing kembali setelah melahirkan. Namun, hasil penelitian menunjukkan hal sebaliknya.

Wanita yang hamil di usia remaja berpotensi lebih besar mengalami kegemukan di usia lanjut. Demikian menurut studi yang melibatkan wanita yang hamil untuk kali pertama di usia 13-19 tahun. Risiko mereka mengalami obesitas 32 persen lebih tinggi dibanding yang hamil kali pertama di atas usia 20 tahun.

"Kehamilan di usia remaja memiliki risiko komplikasi kesehatan lebih besar, antara lain melahirkan bayi dengan berat rendah, mengganggu pendidikan ibu, hingga obesitas di usia lanjut," kata dr Tammy Chang dari University of Michigan Medical School.

Penelitian yang dilakukan Chang tersebut berdasarkan tinjauan data terhadap 5.220 wanita berusia 20-29 tahun, kemudian dibandingkan antara mereka yang melahirkan di usia remaja dan tidak.

Hasil penelitian juga menunjukkan hanya sedikit wanita yang melahirkan di usia remaja memiliki berat badan normal, dibandingkan dengan wanita yang hamil dan melahirkan di usia dewasa.

"Penanganan terhadap ibu melahirkan usia remaja selama ini lebih difokuskan pada perawatan anak, rumah, pendidikannya, sosial, serta dukungan finansial. Hanya sedikit yang melihat dampak jangka panjang dari kehamilan usia remaja," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com