Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/07/2013, 10:29 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


Kompas.com - Hampir semua orang pernah mengalami kram otot, biasanya terjadi setelah melakukan olahraga dengan intensitas tinggi. Minum jus semangka ternyata bisa mencegah kram otot yang mengganggu itu.

Kram otot yang sering terjadi adalah kram pada otot betis yang timbul saat tidur. Penyebabnya antara lain pengunaan otot yang berlebihan, dehidrasi, cedera, otot teregang, atau berada dalam satu posisi untuk waktu yang lama.

Minum cukup banyak air agar tidak terjadi dehidrasi selama ini diketahui bisa mencegah terjadinya kram otot. Tetapi kandungan asam amino dalam buah semangka bekerja lebih efektif untuk mengurangi risiko kram.

Asam amino yang disebut dengan L-citrulline, banyak ditemukan pada semangka, bawang putih, dan bawang merah. Mencegah kram merupakan salah satu dari manfaat asam amino tersebut.

Penelitian menunjukkan L-citrulline mengandung antioksidan, yang jika dibuat dalam bentuk suplemen, bisa menghilangkan asam laktat lebih cepat. Ini berarti kram bisa disembuhkan lebih cepat.

Asam laktat terbentuk di otot ketika produksi energi lebih cepat ketimbang oksigen yang bisa dikirimkan. Normalnya, tubuh akan memecah glukosa menjadi zat yang disebut pyruvate, untuk kemudian dimetabolisme dan diubah menjadi energi.

Tetapi jika suplai oksigen terbatas, tubuh akan mengubah pyruvate menjadi laktat. Sebenarnya laktat juga menguatkan otot tetapi memiliki efek samping, termasuk meningkatnya keasaman dan kram keesokan harinya.

Encarna Aguayo, peneliti dari Spanyol mengatakan, L-citrulline dalam jus semangka bisa dimanfaatkan seperti halnya minuman olahraga untuk membantu pemulihan otot lebih cepat.

Aguayo dan timnya meneliti bahwa jus semangka sebanyak 1,5 liter yang dikonsumsi setelah olahraga bisa mencegah kram otot. Bahkan jus semangka lebih efektif dibanding minuman olahraga.

Citrulline termasuk dalam asam amino esensial. Manfaatnya antara lain melancarkan sirkulasi darah dan membersihkan amonia dan racun-racun lain di liver. Citrulline dalam semangka juga diketahui membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan gairah seksual pria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com