Kompas.com - 22/11/2013, 10:00 WIB
EditorAsep Candra


TANYA :

Selamat Pagi Dok.  Saya merasa heran dengan diri saya. Kenapa di saat istri meminta hubungan intim, gairah saya berkurang, dan kelamin saya lama mengeras. Tetapi kalau  di saat saya kepingin ML dengan istri kapan saja, jam berapa saja, hari apa aja, alat kelamin saya selalu bisa.  Tetapi kenapa gilirian istri saya mau berhubungan ML dengan saya, saya langsung ciut dan enggan menanggapinya. Terkadang suka terjadi keributan.. Kalau kata istri, “gilirian kamu mau aja kapan aja bisa, tapi giliran aku mau, kenapa seh gak mau”. Terima kasih. 

(Zaki, 28, Tangerang)

 

JAWAB :

Saya pikir mudah dimengerti mengapa ketika Anda merasa ingin melakukan hubungan, penis Anda mengalami ereksi dengan baik dan mampu melakukan hubungan seksual. Tentu saja terjadi ereksi yang baik karena Anda terangsang karena ada dorongan (gairah) seksual.

Tetapi ketika istri yang terangsang, boleh jadi pada saat itu Anda tidak terangsang sehingga tidak mengalami ereksi yang baik. Akibatnya, hubungan seksual tidak dapat dilakukan.

Jadi, tampaknya harus diatur waktunya berdasarkan pengalaman selama ini. Harus diatur kapan Anda merasakan gairah seksual dan kapan istri merasakannya. Kemudian dapat dilihat setelah berapa hari gairah seksual itu muncul lagi.

Atau ketika Anda sedang tidak bergairah, tetapi istri menginginkan hubungan seksual, biarlah istri memberikan rangsangan seksual agar gairah seksual Anda muncul. Intinya, suami harus berupaya memenuhi keinginan seksual istri.

Di sisi lain, istri harus berupaya memberikan rangsangan seksual agar dorongan seksual suami juga muncul. Kalau upaya ini tidak berhasil, saya sarankan Anda berkonsultasi lebih lanjut dan mendapat pemeriksaan untuk mengetahui kemungkinan adanya gangguan yang menghambat dorongan seksual.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.