Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/11/2013, 10:00 WIB


TANYA :

Selamat Pagi Dok.  Saya merasa heran dengan diri saya. Kenapa di saat istri meminta hubungan intim, gairah saya berkurang, dan kelamin saya lama mengeras. Tetapi kalau  di saat saya kepingin ML dengan istri kapan saja, jam berapa saja, hari apa aja, alat kelamin saya selalu bisa.  Tetapi kenapa gilirian istri saya mau berhubungan ML dengan saya, saya langsung ciut dan enggan menanggapinya. Terkadang suka terjadi keributan.. Kalau kata istri, “gilirian kamu mau aja kapan aja bisa, tapi giliran aku mau, kenapa seh gak mau”. Terima kasih. 

(Zaki, 28, Tangerang)

 

JAWAB :

Saya pikir mudah dimengerti mengapa ketika Anda merasa ingin melakukan hubungan, penis Anda mengalami ereksi dengan baik dan mampu melakukan hubungan seksual. Tentu saja terjadi ereksi yang baik karena Anda terangsang karena ada dorongan (gairah) seksual.

Tetapi ketika istri yang terangsang, boleh jadi pada saat itu Anda tidak terangsang sehingga tidak mengalami ereksi yang baik. Akibatnya, hubungan seksual tidak dapat dilakukan.

Jadi, tampaknya harus diatur waktunya berdasarkan pengalaman selama ini. Harus diatur kapan Anda merasakan gairah seksual dan kapan istri merasakannya. Kemudian dapat dilihat setelah berapa hari gairah seksual itu muncul lagi.

Atau ketika Anda sedang tidak bergairah, tetapi istri menginginkan hubungan seksual, biarlah istri memberikan rangsangan seksual agar gairah seksual Anda muncul. Intinya, suami harus berupaya memenuhi keinginan seksual istri.

Di sisi lain, istri harus berupaya memberikan rangsangan seksual agar dorongan seksual suami juga muncul. Kalau upaya ini tidak berhasil, saya sarankan Anda berkonsultasi lebih lanjut dan mendapat pemeriksaan untuk mengetahui kemungkinan adanya gangguan yang menghambat dorongan seksual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com