Kompas.com - 18/12/2013, 11:53 WIB
Penulis Wardah Fajri
|
EditorWardah Fajri
KOMPAS.com - Studi terbaru mengungkap pasien yang mengalami cedera otak bisa mengembalikan ingatan dengan mendengarkan musik pop.

Penelitian yang dilakukan oleh Amee Baird dan Severine Samson dari University of Newcastle di Australia dan University of Lille di Perancis Utara ini menunjukkan, kekuatan musik mampu mengembalikan ingatan orang yang mengalami cedera otak. Penelitian ini diterbitkan di jurnal Neuropsychological Rehabilitation.

Para peneliti memutar berbagai lagu yang populer untuk diperdengarkan kepada lima orang yang mengalami cedera otak. Sebagai pembanding, lagu yang sama juga diperdengarkan kepada lima orang sehat yang tidak mengalami cedera otak.

Para responden ini kemudian diminta untuk mengingat seberapa familiar mereka dengan lagu yang diputarkan tersebut. Peneliti menanyakan apakah mereka menyukai lagu tersebut, dan ingatan apa yang muncul selagi mendengarkan lagu tersebut. Lagu yang diperdengarkan di antaranya lagu Kylie Minogue dan Robbie Williams.

Hasilnya, responden yang mengalami cedera otak lebih mampu mengingat beberapa kenangan dibandingkan orang yang tidak mengalami cedera otak. Dari seluruh responden, hanya satu dari empat pasien yang tidak mendapatkan kembali ingatan mengenai sesuatu setelah mendengar musik pop. Dan dari seluruh responden, hanya satu pasien yang mampu mengingat banyak hal.

Secara keseluruhan, ingatan yang paling banyak muncul berupa kenangan positif tentang seseorang atau periode tertentu yang menyenangkan dalam hidupnya.

Peneliti menyimpulkan, "Temuan ini menunjukkan bahwa musik adalah stimulus yang efektif untuk memunculkan kenangan otobiografi dan mungkin bermanfaat dalam rehabilitasi amnesia otobiografi, tetapi ini hanya berlaku pada pasien tanpa masalah mendasar terkait ingatan otobiografi dan persepsi."

Baird dan Samson berharap temuan mereka akan ditindaklanjuti dengan penelitian yang lebih lengkap. Melibatkan orang yang sehat sebagai respondennya, atau pasien penyakit saraf dengan berbagai kondisinya.

Penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk mendapatkan temuan lebih akurat mengenai keterkaitan antara ingatan, musik dan emosi. Harapannya, suatu hari akan ada mekanisme peningkatan memori dan pengaruh musik terhadapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.