Gym Penuh Bukan Kendala Berolahraga

Kompas.com - 10/01/2014, 12:11 WIB
SHUTTERSTOCK
|
EditorWardah Fajri

KOMPAS.com - Jika lebih rajin olahraga di gym menjadi resolusi tahun baru Anda, hindari sejumlah kendala yang bisa membuat rencana ini gagal. Salah satunya tidak kebagian tempat alias gym penuh. Jangan sampai juga merugi, karena sudah membayar keanggotaan gym  dan meluangkan waktu, namun tak ada satu pun alat yang bisa digunakan, bahkan tak ada kelas yang bisa diikuti lantaran penuh.

Untuk menyiasati gym yang penuh, Tina Haupert, praktisi fitnes dan kontributor The Boston Globe memberikan beberapa kiatnya sebagai berikut:

1. Daftar untuk mengikuti kelas.
Terutama di musim-musim padat, kebanyakan gym membuka pendaftaran online untuk beberapa kelas. Untuk mencegah kehabisan peralatan saat sudah pergi ke gym, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan layanan ini.

"Jika Anda mau mendapatkan tempat yang aman di tengah gym yang penuh, manfaatkan saja layanan ini beberapa waktu sebelumnya," ujar Haupert.

2. Lakukan latihan interval intensitas tinggi.
Banyak gym yang memberlakukan batas waktu untuk penggunaan alat-alat kardio pada jam-jam padat. Namun hal itu bukanlah jadi halangan Anda bisa untuk membakar kalori lebih banyak. Meski hanya 20 atau tiga puluh menit, Anda dapat memaksimalkan pembakaran kalori dengan latihan interval intensitas tinggi. Latihan tersebut akan memaksa tubuh Anda untuk berolahraga hingga ke menuju batasan tubuh Anda sendiri.

3. Hindari jam padat.
Ini memang poin yang pasti Anda sudah tahu. Namun tidak ada salahnya untuk mengecek jadwal Anda lebih detail. Siapa tahu, Anda sebenarnya memiliki waktu luang yang dapat dimanfaatkan untuk pergi ke gym di luar jam-jam padat, seperti jam pulang kerja.

Misalnya jika bisa bangun lebih pagi, Anda bisa pergi ke gym sebelum beraktivitas. Di pagi hari, gym relatif lebih sepi daripada sore atau malam hari. Sebagai kompensasi, Anda jadi tidak harus pergi ke gym di malam hari sehingga bisa istirahat lebih awal.

4. Multitasking.
Ketika gym dalam keadaan padat, Anda tentu semakin sulit untuk dapat menggunakan beberapa alat secara bersamaan. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan salah satu alat namun dengan gerakan tambahan untuk melatih otot tubuh lebih banyak.

5. Ke gym di akhir pekan.
Sabtu dan minggu pagi merupakan waktu yang tepat untuk pergi ke gym karena umumnya tempat itu masih sepi. Kebanyakan orang lebih memilih untuk tidur di waktu ini, namun ini justru menjadi kesempatan bagi Anda untuk lebih leluasa menggunakan peralatan.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X