Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/03/2014, 12:29 WIB
EditorWardah Fajri
KOMPAS.com - Penelitian skala kecil oleh ilmuwan Inggris dan Korea menemukan, gangguan makan anoreksia nervosa bisa sembuh berkat hormon oksitosin yang biasanya dikeluarkan tubuh saat melahirkan atau melakukan hubungan seksual.

Para peneliti mengindikasikan para pasien cenderung tidak terlalu memperhatikan makanan dan bentuk tubuh setelah diberikan sejumlah dosis oksitosin.

Penelitian terbaru yang diterbitkan di jurnal Psychoneuroendocrinology ini melibatkan 31 pasien dengan anoreksia, dan 33 orang yang tak memiliki gangguan makan.

Mereka kemudian diperlihatkan rangkaian gambar makanan berkalori rendah hingga tinggi, serta gambar orang-orang dengan beragam bentuk tubuh.

Orang yang menderita anoreksia sebelumnya terlihat terlalu fokus pada gambar orang bertubuh gemuk dan bentuk tubuh yang tidak mereka inginkan. Namun, setelah diberikan oksitoksin pasien dengan anoreksia tampak tak lagi terlalu khawatir dengan sejumlah gambar yang mereka kategorikan "negatif" itu.

Oksitoksin merupakan hormon yang dikeluarkan secara alami ketika seseorang berhubungan seksual, melahirkan, dan menyusui.

Sejumlah penelitian lain mengindikasikan bahwa hormon ini bisa digunakan untuk meredakan sejumlah gangguan kejiwaan dan digunakan untuk membantu mengatasi kegelisahan sosial pada orang-orang menderita autisme. Penelitian selama empat pekan di Australia juga menemukan bahwa orang yang diberikan oksitoksin memiliki kekhawatiran yang berkurang atas berat badan dan bentuk tubuh mereka. 
   
Meski begitu, lembaga amal yang fokus pada penanganan gangguan makan, Beat, mengatakan penemuan ini masih sangat jauh untuk diterapkan dalam kasus nyata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+