Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/09/2014, 13:17 WIB

TANYA:

Usia saya 49 tahun dan menderita hipertensi. Saya juga rutin minum obat amlodipine 5 mg. Sudah setahun ini ereksi saya lemah sekali, kalaupun bisa ereksi tidak bertahan lama. Sebelum berhub seks biasanya foreplay dulu. Saat foreplay itu penis ereksi, tapi saat akan penetrasi penis lemah hingga isteri marah dan kadang tidak mau bila diajak berhubungan.

Sekarang ini sudah kurang lebih 2 bulan tidak berhubungan seks lagi. Saat kebelet onani pun penis nggak mau ereksi. Mohon info ke dokter ahli apa harus berobat, saya ingin berobat biar tidak tambah parah. Terima kasih.
 
Roni (49), Palembang

JAWAB:

Kalau kegagalan mencapai atau mempertahankan ereksi penis terjadi terus menerus atau seringkali, maka itu disebut disfungsi ereksi. Penyebabnya bermacam-macam, antara lain tekanan darah tinggi, diabetes, gangguan hormon, dan efek samping obat tertentu.

Gangguan yang Anda alami ini tentu saja jangan dibiarkan lebih lama lagi karena dapat menimbulkan akibat buruk, termasuk reaksi istri yang sekarang telah terjadi. Anda harus mendapat pemeriksaan lebih lanjut untuk mendapat pengobatan. Silakan berkonsultasi ke dokter spesialis Andrologi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com