Kompas.com - 01/09/2014, 13:17 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:

Usia saya 49 tahun dan menderita hipertensi. Saya juga rutin minum obat amlodipine 5 mg. Sudah setahun ini ereksi saya lemah sekali, kalaupun bisa ereksi tidak bertahan lama. Sebelum berhub seks biasanya foreplay dulu. Saat foreplay itu penis ereksi, tapi saat akan penetrasi penis lemah hingga isteri marah dan kadang tidak mau bila diajak berhubungan.

Sekarang ini sudah kurang lebih 2 bulan tidak berhubungan seks lagi. Saat kebelet onani pun penis nggak mau ereksi. Mohon info ke dokter ahli apa harus berobat, saya ingin berobat biar tidak tambah parah. Terima kasih.
 
Roni (49), Palembang

JAWAB:

Kalau kegagalan mencapai atau mempertahankan ereksi penis terjadi terus menerus atau seringkali, maka itu disebut disfungsi ereksi. Penyebabnya bermacam-macam, antara lain tekanan darah tinggi, diabetes, gangguan hormon, dan efek samping obat tertentu.

Gangguan yang Anda alami ini tentu saja jangan dibiarkan lebih lama lagi karena dapat menimbulkan akibat buruk, termasuk reaksi istri yang sekarang telah terjadi. Anda harus mendapat pemeriksaan lebih lanjut untuk mendapat pengobatan. Silakan berkonsultasi ke dokter spesialis Andrologi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.