Kompas.com - 08/10/2014, 09:10 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:
Siang dokter, saya punya anak perempuan 3 tahun dengan BB 11 kg dan tinggi 84 cm. Kalau saya bandingkan dengan anak tetangga, anak saya terlihat kecil, terkesan anak saya pertumbuhan badannya telat. Makannya memang susah, kadang cuma 3-5 sendok di saat jam makan. Tapi bila snack dan coklat amat lahap.
 
Yang mau saya tanyakan adalah apakah ukuran badan kurus dan kecil menurun dari orang tua? Mengingat suami saya termasuk kurus sekali, dengan BB kurang dari 20 dan tinggi 165. Apakah dengan konsultasi ke ahli gizi bisa memperbaiki pertumbuhan anak saya? Mohon masukkan dokter, terimakasih banyak.
 
Renny Gunawaty (33), Jakarta

JAWAB :
Bila berdasarkan status antropometri, putri ibu tampaknya memang termasuk short stature, perawakan pendek. Tampak lebih kecil dibandingkan dengan teman-teman seusianya. Hal ini dapat disebabkan karena faktor keturunan dapat pula karena hal lain.

Sebaiknya ibu periksakan si kecil ke dokter spesialis endokrinologi (hormonal) anak untuk lebih memastikan penyebabnya. Konsultasi ke dokter ahli gizi anak juga dapat bermanfaat.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.