Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/11/2014, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Bayi yang lahir prematur atau berat badan rendah tetap bisa beradaptasi dengan lingkungannya meski tidak diletakkan di inkubator, melainkan di dada ibunya. Metode perawatan yang disebut metode kanguru itu sudah diterapkan di banyak negara sejak tahun 1983.

Sentuhan kulit ke kulit antara ibu dan bayi akan membuat bayi merasa hangat seperti di rahim ibu sehingga bayi bisa beradaptasi dengan dunia luar.  Perawatan tersebut terbukti meningkatkan ketahanan hidup bayi, menurunkan risiko infeksi di rumah sakit, serta infeksi saluran pernapasan bawah.

“Metode Kanguru ini sangat berguna untuk menurunkan angka kematian bayi baru lahir dengan berat badan rendah dan juga menurunkan penggunaan inkubator. Yang paling penting hubungan kasih sayang ibu dan bayi lebih terjamin,” ujar Ns. Embun Kurniaty, Kepala Perawatan Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Evasari saat menerima kunjungan delegasi kesehatan dari Malaysia di Jakarta (14/11/14).

Metode Kanguru ini sangat mudah dilakukan, namun ada beberapa hal yang perlu diketahui untuk menerapkan metode ini.

1. Kenakan bayi pakaian, topi, popok dan kaus kaki yang telah dihangatkan terlebih dahulu

2. Letakkan bayi di dada ibu, dengan posisi tegak langsung ke kulit ibu dan pastikan kepala bayi sudah melekat pada dada ibu. Posisikan bayi dengan siku dan tungkai tertekuk, kepala dan dada bayi terletak di dada ibu dengan kepala agak sedikit mendongak. Bisa juga memakai baju dengan ukuran lebih besar dari badan ibu, dan bayi diletakkan di antara payudara ibu, lalu baju ditangkupkan. Kemudian ibu memakai selendang yang dililitkan di keliling perut bayi agar bayi tidak terjatuh.
 
3. Bila baju ibu tidak cukup lebar untuk dapat menyokong bayi, dapat menggunakan handuk atau kain lebar yang elastis atau kantong yang dibuat sedemikian untuk menjaga tubuh bayi tetap hangat.

Metode ini juga tidak menambah beban pada sang ibu karena ibu masih bisa beraktivitas dengan bebas, seperti duduk, jalan, makan, dan mengobrol. Pada waktu tidur, posisi ibu harus setengah duduk dengan meletakkan beberapa bantal di belakang punggung. Jika ibu ingin istirahat, ayah atau orang lain dapat menggantikannya.

Dalam pelaksanaan metode Kanguru perlu diperhatikan persiapan ibu, bayi, posisi bayi, pemantauan bayi, cara pemberian ASI, dan kebersihan ibu serta bayi. (Eva Erviana)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com