Kompas.com - 18/11/2014, 10:07 WIB
|
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Berenang merupakan salah satu olahraga yang bisa dilakukan seorang wanita saat hamil. Beban tubuh saat di dalam air pun jauh lebih ringan daripada di darat. Berenang bisa membantu Anda mengatur pernapasan. Artis Olla Ramlan misalnya, ia memilih olahraga berenang dan yoga saat hamil.

Namun, bagi ibu hamil ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin berenang. Dokter spesialis olahraga, Michael Triangto mengatatakan, ibu hamil tidak boleh melakukan gerakan renang yang berlebihan. Dilarang pula melompat dari pinggir kolam.

"Saat berenang tidak boleh lompat paku atau kaki di bawah. Karena tekanan air bisa merobek selaput ketuban," ujar Michael seusai acara diskusi di Jakarta, Jumat (14/11/2014).

Turunlah perlahan ke dalam kolam renang. Kemudian berenang seperti biasa.  Jika tidak bisa berenang, berjalan pelan-pelan dalam kolam juga bisa dilakukan ibu hamil. "Bisa berjalan di kolam renang dengan air sebatas dada atau perut," kata Michael.

Ia menjelaskan, berenang bagi ibu hamil termasuk dalam latihan kardio jika dilakukan secara berulang dalam waktu cukup lama. Michael juga mengingatkan agar ibu hamil lebih berhati-hati ketika melangkah di kolam renang. Area sekitar kolam renang terkadang licin dan bisa membuat seseorang terpeleset.

Tak hanya memperhatikan kebutuhan nutrisi, olahraga memang perlu dilakukan oleh ibu hamil untuk menjaga tubuhnya tetap sehat dan bugar. Ibu yang sehat diharapkan melahirkan bayi yang sehat pula.

Olahraga bisa dilakukan selama 150 menit per minggu atau 30 menit hingga satu jam dalam sehari. Semua harus disesuaikan dengan kemampuan Anda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.