Kompas.com - 27/12/2014, 13:56 WIB
|
EditorDian Maharani

KOMPAS.com –  Minum alkohol tidak baik untuk kesehatan. Apalagi jika diminum dalam jumlah banyak. Sering kali seseorang tak sadar bahwa alkohol telah merusak fungsi hatinya. Berikut 10 tanda Anda telah terlalu banyak meneguk alkohol.

1. Terbangun untuk buang air kecil saat tidur malam
Bangun beberapa kali di malam hari untuk ke toilet bisa menjadi tanda Anda sudah minum alkohol terlalu banyak. Rizwan Hamid, seorang konsultan ahli bedah urologi di London Urologi Associates menjelaskan, dalam tubuh terdapat hormon antidiuretik yang mengatur jumlah urin. Hormon ini membuat volume urin lebih sedikit pada malam hari.

"Pada malam hari, produksi hormon itu (antidiuretik) lebih banyak. Itulah sebabnya mengapa kita tidak perlu sering pergi ke toilet pada malam hari. Namun alkohol membuat produksi hormon ini menurun sehingga membuat Anda menghasilkan lebih banyak urin,” jelas Hamid.

2. Mata kering ketika bangun tidur
Terlalu banyak minum alkohol dapat membuat mata Anda terasa terasa kering. Rob Scott, seorang dokter mata dan konsultan di BMI Priory Hospital Birminghan mengatakan, alkohol tidak hanya membuat seluruh tubuh dehidrasi, tetapi juga bagian mata.

"Mata Anda menjadi lebih lengket saat bangun tidur karena minum alkohol," kata Scott.

Hal ini pun telah dibuktikan dalam sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan di jurnal Ophthalmology. Hasil studi menunjukkan bahwa orang yang diberi dosis alkohol lebih banyak akan mengalami mata kering ketika bangun pukul 08.00 pagi, dibanding mereka yang tidak minum.

3. Tidak sabar untuk minum alkohol
Pernahkah Anda berpikir bahwa dengan minum segelas anggur dapat membantu Anda melalui hari yang sulit?  Konsultan psikiater di Rumah Sakit Priory, London, Claudia Bernat mengatakan,hal itu bisa menjadi tanda Anda terlalu banyak konsumsi alkohol dan bisa menjadi masalah serius.

Misalnya, ketika sampai di rumah, yang ada dipikiran Anda adalah bisa minum alkohol, bukan bisa melihat keluarga Anda.  Bernat mengatakan, banyak orang meneguk alkohol untuk menghilangkan depresi. Padahal jika diminum berlebihan akan mengganggu kesehatan.

4. Diare
Terlalu banyak minum alkohol juga bisa membuat masalah  pada perut Anda seperti diare. "Ini mungkin karena Anda tidak menyerap semua kelebihan cairan yang diminum dan hasilnya adalah kotoran yang berair," kata David Sanders, profesor gastroenterologi dari Rumah Sakit Hallamshire Royal, Sheffield.

Andrew Langford, chief executive dari badan amal British Liver Trust mengatkaan, jika diare terjadi secara teratur maka bisa menjadi tanda kerusakan pada fungsi hati.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.