Kompas.com - 05/01/2015, 08:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Siapa yang tidak berminat jika ditawari solusi langsing secara instan? Hal inilah yang membuka peluang produsen suplemen pelangsing memasarkan produknya yang mengklaim bisa menurunkan berat badan dengan cepat, padahal tidak jelas keamanannya.

Suplemen pelangsing, biasanya juga mengklaim terbuat dari bahan herbal yang alami, membuat banyak orang menganggap suplemen tersebut aman. Hal ini tidak hanya dipercaya suplemen di Indonesia. Dalam survei di Amerika Serikat terhadap 3.000 responden, juga diperoleh hasil serupa.

Hampir 20 persen responden menyatakan, mereka percaya akan iklan dan label kemasan produk suplemen pelangsing yang dijual bebas. Lebih dari seperempat responden mengatakan, mereka pernah mencoba pil pelangsing dan percaya produk itu aman dan membantu mereka untuk menurunkan berat badan dibandingkan metode lainnya.

Di Indonesia, suplemen atau produk herbal penurun berat badan beberapa kali diumumkan sebagai produk yang mengandung bahan berbahaya dan ditarik dari peredaran oleh BPOM. Meski mengklaim herbal, beberapa produk tersebut ternyata dicampur dengan bahan kimia.

Anda juga perlu berhati-hati dalam mengonsumsi produk pelangsing, sementara Anda juga dalam pengobatan atau mengonsumsi obat untuk penyakit lain. Hal ini bisa menyebabkan reaksi antar-obat dan berpotensi menimbulkan efek samping serius. Orang yang menderita penyakit kronis juga tidak disarankan mengonsumsi obat pelangsing tanpa pengawasan dokter.

Jika Anda ingin mencoba suplemen penurun berat badan, belilah produk yang beredar secara legal dan telah mendapatkan izin BPOM. Hindari mencoba-coba produk pelangsing yang dijual secara online dan tidak mencantumkan keterangan dalam bahasa Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.