Jangan Lupa Membuat Resolusi Kesehatan Emosional

Kompas.com - 05/01/2015, 11:26 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Saat kita menyiapkan resolusi tahun baru dalam hal kesehatan biasanya yang lebih diutamakan adalah bagaimana cara mendapatkan kondisi tubuh yang lebih baik. Hal lain yang sebenarnya tak kalah penting, yakni kesehatan mental, seringkali kita lupakan.

Sebagian besar bahaya bagi kesehatan biasanya memiliki peringatan, misalnya rokok atau tembakau. Tapi, bahaya lain yang tak terlalu jelas, seperti kesepian dan perasaan ditolak, juga bisa menyebabkan efek yang besar bagi psikologis.

Penelitian menunjukkan, isolasi sosial bisa memperpendek usia. Karenanya, tahun ini sudah saatnya kita juga memprioritaskan kesehatan mental kita.

Guy Winch, psikolog, memberikan beberapa resolusi yang bisa kita buat untuk mendapatkan kesehatan emosional yang lebih baik tahun ini.

1. Beri perhatian pada rasa sakit emosional.

Sakit psikologis sama halnya seperti rasa sakit pada fisik, makanya jika ada sesuatu yang "sakit" lebih dari beberapa hari, jangan diabaikan. Jika Anda mengalami penolakan, kegagalan, atau memiliki suasana hati yang buruk terlalu lama, lakukan sesuatu dan jangan menganggapnya akan berubah lebih baik dengan sendirinya.

2. Hilangkan rasa kesepian.

Manusia adalah makhluk sosial. Rasa kesepian yang berlangsung kronis alias lama bisa berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan emosional, dan meningkatkan risiko kematian prematur sampai 14 persen. Saat Anda terlalu lama kesepian, cobalah menghubungi keluarga, teman, atau bahkan bergabung dalam situs pertemanan. Intinya, putuslah rasa isolasi sosial tersebut.

3. Putus siklus negatif kegagalan.

Luka psikologis cenderung menciptakan lingkaran setan yang terus menjadi lebih buruk setiap waktu. Kegagalan dapat menyebabkan perasaan tidak berdaya yang pada akhirnya dapat membuat kita gagal lagi di masa depan.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku

Sumber Time
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X