Kompas.com - 20/01/2015, 19:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com
–  Berharap beban pikiran dan rasa penat hilang, sebagian orang memilih minuman beralkohol sebagai pelarian. Alkohol di malam hari juga dianggap bisa mempercepat datangnya kantuk. Padahal, efek dari konsumsi alkohol sebelum tidur justru akan menurunkan kualitas tidur sehingga saat bangun badan malah tidak segar.

Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan Christian Nicholas dan rekan-rekannya dari Universitas Melbourne. Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Alcoholism: Clinical & Experimental Research.

Nicholas dan timnya mengatakan,  banyak orang yang merasa bisa cepat mengantuk setelah minum alkohol. Mereka pun tertarik untuk mengamati reaksi otak secara fisiologis pada seseorang yang baru saja minum alkohol sedang tidur.

Mereka meneliti anak muda berusia 18-21 tahun di Melbourne School of Psychological Sciences Laboratory Sleep. Pada malam hari sebelum tidur, peneliti memberikan anak-anak muda tersebut jus jeruk dan kelompok lainnya diberikan vodka.

Mereka kemudian diminta untuk tidur seperti biasanya. Untuk penelitian ini, kepala mereka dipasang elektroda untuk mengukur pola gelombang otak saat tidur dengan electroencephalogram (EEG).

Hasilnya, mereka yang minum alkohol menunjukkan gelombang yang lebih lambat dalam pola tidurnya. Penelitian melihat gelombang delta pada otak. Namun, pada saat yang bersamaan, gelombang alpha di otak juga meningkat. Gelombang alpha di otak biasanya terjadi ketika seseorang tak sedang beristirahat.

Ketika aktivitas delta dan alpha terjadi bersama-sama, pola tidur terganggu. Aktivitas ganda tersebut biasanya juga terjadi pada orang-orang yang tengah sakit kronis.

"Orang-orang cenderung merasa alkohol yang membantu mereka tertidur sedikit lebih cepat. Tapi ketika Anda benar-benar melihat apa yang terjadi saat tidur, kualitas tidur mereka tidak baik,” kata Nicholas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Time
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.