Kompas.com - 30/03/2015, 08:31 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com - Sarapan tak hanya sekedar makan pada waktu pagi. Perhatikan juga makanan yang dimakan agar menjadi sarapan sehat. Direktur Bina Gizi Kementerian Kesehatan Doddy Izwardi mengatakan, sarapan yang sehat yaitu yang memenuhi gizi seimbang.

"Ada karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Jangan lupa buah-buahan dan sayur," kata Doddy dalam acara Gerakan Sarapan Sehat Sebelum Jam 9 di Parkir Timur Senayan, Minggu (29/3/2015).

Menurut Doddy, sarapan dengan gizi seimbang dapat meningkatkan stamina untuk digunakan beraktifitas. Kinerja pun akan lebih baik. Sementara itu, Ketua Umum Pergizi Pangan Hardinsyah mengatakan, sarapan sebaiknya dilakukan sebelum pukul 09.00 WIB.

"Sarapan sehat dilihat dari jenisnya, waktunya. Sebelum memulai kerja atau belajar sebelum pukul 09.00 pagi. Lewat dari itu disebut makan siang," kata Hardi.

Waktu sarapan tersebut mengikuti ritme sikardian tubuh. Menurut Hardi, kebiasaan sarapan sudah harus dilakukan sejak bayi dan penting bagi anak-anak.

Membiasakan sarapan termasuk dalam 10 pesan gizi seimbang. Sarapan yang sehat adalah makan dan minum yang memenuhi seperempat kebutuhan gizi harian.

Pergizi Pangan, lima pimpinan organisasi gizi dan pangan Indonesia pun mendeklarasikan 14-20 Februari sebagai Pekan Sarapan Nasional. Salah satu bagian Pekan Sarapan Nasional yaitu "Gerakan Sarapan Sehat Sebelum Jam 9" ini yang dilakukan di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Makassar. Sebanyak 25.000 orang di empat kota tersebut serentak melakukan sarapan sehat sebelum jam 9.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.