Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/03/2015, 08:31 WIB
Dian Maharani

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Sarapan tak hanya sekedar makan pada waktu pagi. Perhatikan juga makanan yang dimakan agar menjadi sarapan sehat. Direktur Bina Gizi Kementerian Kesehatan Doddy Izwardi mengatakan, sarapan yang sehat yaitu yang memenuhi gizi seimbang.

"Ada karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Jangan lupa buah-buahan dan sayur," kata Doddy dalam acara Gerakan Sarapan Sehat Sebelum Jam 9 di Parkir Timur Senayan, Minggu (29/3/2015).

Menurut Doddy, sarapan dengan gizi seimbang dapat meningkatkan stamina untuk digunakan beraktifitas. Kinerja pun akan lebih baik. Sementara itu, Ketua Umum Pergizi Pangan Hardinsyah mengatakan, sarapan sebaiknya dilakukan sebelum pukul 09.00 WIB.

"Sarapan sehat dilihat dari jenisnya, waktunya. Sebelum memulai kerja atau belajar sebelum pukul 09.00 pagi. Lewat dari itu disebut makan siang," kata Hardi.

Waktu sarapan tersebut mengikuti ritme sikardian tubuh. Menurut Hardi, kebiasaan sarapan sudah harus dilakukan sejak bayi dan penting bagi anak-anak.

Membiasakan sarapan termasuk dalam 10 pesan gizi seimbang. Sarapan yang sehat adalah makan dan minum yang memenuhi seperempat kebutuhan gizi harian.

Pergizi Pangan, lima pimpinan organisasi gizi dan pangan Indonesia pun mendeklarasikan 14-20 Februari sebagai Pekan Sarapan Nasional. Salah satu bagian Pekan Sarapan Nasional yaitu "Gerakan Sarapan Sehat Sebelum Jam 9" ini yang dilakukan di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Makassar. Sebanyak 25.000 orang di empat kota tersebut serentak melakukan sarapan sehat sebelum jam 9.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com