Ternyata, Sperma Lebih Aktif di Bulan Juli sampai Agustus

Kompas.com - 16/06/2015, 12:10 WIB
shutterstock
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Jika Anda sedang merencanakan kehamilan, mungkin bulan-bulan ini adalah saat yang tepat untuk melakukannya. Para ahli menyebut, musim panas seperti di bulan Juli-Agustus adalah masa ketika sel sperma lebih aktif.

Kemampuan berenang sperma di musim panas jauh lebih tinggi dibanding di bulan lainnya, misalnya yang suhunya lebih dingin seperti Januari. Keaktifan sperma itu kemungkinan juga dipengaruhi oleh perubahan kadar hormon, misalnya testosteron.

Sperma yang lamban bergerak adalah penyebab dari separuh kasus sulit hamil pada pasangan. Untuk membuahi sel telur sehingga terjadi kehamilan, sperma harus berenang melalui leher rahim, rahim, dan saluran indung telur. Kemampuan sel sperma untuk melakukan hal itu disebut dengan motilitas.

Penurunan kecepatan sperma akan membuatnya sulit mencapai sel telur sehingga pembuahan tidak terjadi. Seorang pria disebut subur jika setidaknya 40 persen dari sel spermanya bergerak.

Penelitian tersebut dilakukan dengan mengumpulkan data dari 5.188 pria di Italia. Hasilnya diketahui motilitas sperma paling tinggi terjadi di musim panas dan paling rendah di musim dingin, walau sebenarnya volume sperma terbanyak justru saat musim dingin.


Sumber Dailymail
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X