Kompas.com - 28/06/2015, 09:00 WIB
Ilustrasi berolahraga. ShutterstockIlustrasi berolahraga.
|
EditorBestari Kumala Dewi
JAKARTA, KOMPAS.com — Tidak sedikit di antara kita yang menyerah, tak lagi berolahraga karena gagal menurunkan berat badan. Kegagalan itu mungkin disebabkan oleh intensitas latihan yang kurang. Denyut nadi optimal tak tercapai. Denyut nadi saat latihan ini dapat dimonitor memakai gadget.

Salah satu elemen penting dalam berolaraga adalah memantau denyut nadi saat latihan. "Jika denyut nadi saat latihan tidak melebihi denyut nadi istirahat atau normal, itu artinya kita belum cukup keras dalam berlatih. Inilah salah satu faktor utama mengapa olahraga yang sudah rutin dilakukan tidak berdampak positif. Tujuan olahraga untuk membakar lemak atau menurunkan berat badan tidak terjadi," ujar dokter spesialis olahraga, Dr Rachmad Wishnu Hidayat, SpKO.

Denyut nadi latihan ini, menurut dia, sangat memengaruhi pencapaian prestasi olahraga seorang atlet, kebugaran fisik, dan kesehatan semua orang. Berkat monitor denyut nadi ini, olahraga pun dapat digunakan untuk mengendalikan tekanan darah, gula darah, dan kolesterol. "Sayangnya, sebagian besar dari kita tak melakukan monitor denyut nadi saat latihan," tuturnya.

Cara mudah untuk memonitor denyut nadi itu adalah dengan memakai gadget pengukur denyut. Peranti itu ada yang berupa jam, ada pula yang berbentuk headphone. "Memakai alat pengukur nadi yang sekaligus juga dapat digunakan mendengarkan musik, juga terbukti bagus untuk meningkatkan kinerja latihan. Sudah banyak penelitian soal manfaat musik terhadap olahraga. Tempo atau beat musik membuat tak melakukan sinkronisasi sehingga tubuh kita cenderung bergerak menyesuaikan tempo musik. Hal ini tentu membantu kita mencapai intensitas olahraga yang dibutuhkan," katanya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X