Hilangkan Cemas dan Kesepian dengan Olahraga

Kompas.com - 29/06/2015, 07:30 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
EditorBestari Kumala Dewi


KOMPAS.com
- Kita tentu pernah mengalami masalah kesehatan jiwa, mulai dari kecemasan hingga depresi. Namun, cara paling umum untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengonsumsi obat. Sayangnya, terapi medis dengan obat tak efektif untuk  semua orang. Ada juga yang efeknya hanya sementara, sehingga membuat beberapa orang ketergantungan dengan obat tertentu untuk mengatasi kecemasannya.

Sebenarnya, salah satu cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah tubuh, baik fisik maupun jiwa adalah olahraga. Personal trainer dan ahli olahraga psikologi, Scott Laidler menjelaskan bagaimana olahraga mampu menyehatkan jiwa dan raga.

1. Merasa kesepian

Olahraga berkelompok: Tak hanya membuat Anda bertemu dengan teman-teman baru dan menjadi bagian dari komunitas, tapi penelitian juga menunjukkan bahwa mereka yang bergabung dengan olahraga kelompok, kepercayaan dirinya meningkat, kehidupan social yang lebih baik dan kemampuan yang lebih baik untuk mengatasi masalah jiwa, seperti depresi. Bahkan, bukan tak mungkin bergabung dengan olahraga berkelompok membuka kesempatan bertemu belahan jiwa.

 2. Kecemasan

Yoga: Olaharaga ini sangat menakjubkan untuk menurunkan kadar adrenalin dan ormon stress lainnya. Sementara di sisi lain, juga meningkatkan hormon serotonin, hormon yang membuat kita merasa lebih baik dan hasilnya akan membantu kita menemukan ketenangan batin. “Yoga adalah kekuatan pikiran yang secara positif akan memengaruhi bagaimana Anda memandang kehidupan,” ujar Scott. Olahraga ini juga membantu membuat kita lebih santai melihat berbagai hal, terutama aspek kehidupan yang di luar control kita.

 
3. Stress

Tinju: “Memukul dan meninju bisa merangsang produksi endorphin, yaitu hormone bahagia, untulk mengatasi stress dan memberikan media untuk menumpahkan rasa frustasi dan marah,” ujar Scott. Bayangkan karung tinju adalah sesuatu dalam hidup yang menyebabkan stress dan seakan-akan Anda meninjunya tepat sasaran. Kedengarannya memang klise, tapi percayalah ini berguna.

 
4. Kepercayaan diri

Latihan ketahanan: “Latihan ketahanan sangat sempurna untuk membangun rasa percaya diri, karena olahraga ini memungkinkan Anda untuk mengamati latihan Anda, baik dari sisi kemajuan statistik dan visual,” ujar Scott. Jadi, Anda tak hanya menjadi lebih kuat, lebih sehat, tapi juga bisa melihat hasil nyata dalam bentuk angka, sehingga Anda akan semakin percaya diri dengan perubahan yang lebih baik.

5. Depresi

Berjalan: “Jika hanya untuk bangun dari tidur sudah sangat menantang Anda, berjalan bisa jadi cara terbaik untuk menggerakan tubuh, tanpa harus mengeluarkan banyak energi.” Kata Scott. Berjalan akan membantu melancarkan peredaran darah menju otak, dan ketika Anda merasa lebih kuat dari waktu ke waktu, mulailah untuk mempertimbangkan target lainnya. Jangan lupa, ajak teman untuk berjalan bersama, ini akan membuat Anda lebih bersemangat.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X