Kompas.com - 22/08/2015, 14:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Para ahli kembali mengingatkan bahaya merokok dan juga kelebihan berat badan atau obesitas untuk kesehatan jantung. Sebuah survei di Inggris mengungkapkan, satu dari lima pasien serangan jantung adalah perokok dan tiga dari lima pasien memiliki kelebihan berat badan.

Merokok dan juga lemak berlebih dalam tubuh bisa menyumbat aliran darah dan menyebabkan penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner merupakan penyebab utama terjadinya serangan jantung. Risiko tersebut bakal naik lagi jika ternyata kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Joe Mills, seorang ahli jantung mengatakan pentingnya menerapkan gaya hidup sehat. Apalagi bagi mereka yang pernah terkena serangan jantung. Sayangnya, sering kali pasien obesitas mengabaikan saran diet yang dianjurkan dokter. Sementara itu, para perokok sulit untuk berhenti merokok.

"Pasien mengabaikan risiko jangka panjang cukup serius yang akan mereka hadapi. Penting bagi pasien untuk mengenali kondisi jantungnya," kata Joe.

Risiko penyakit jantung sebenarnya bisa dikurangi dengan menerapkan pola hidup sehat. Selain tidak merokok dan menjaga berat badan, jagalah pola makan sehat, rutin berolahraga, cukup istirahat, dan mengelola stres. Lakukan pemeriksaan kesehatan setidaknya setahun sekali jika Anda sudah berusia di atas 30 tahun.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.