Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2015, 19:15 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Bicara soal kesehatan, makanan sehat serta olahraga rutin tentu menjadi pembicaraan utama. Sayangnya, pembicaraan tentang postur tubuh yang benar kerap terlupa. Padahal, memastikan tubuh selalu dalam postur yang benar bisa menghindari Anda dari sakit tulang di hari tua.

Menurut Kendall Lou Schmidt, personal trainer, instruktur dan pelatih fitnes ternama, berusaha untuk berdiri tegak dan tidak duduk membungkuk akan membuat tubuh bugar dalam jangka panjang.

Jika tidak, meskipun Anda tidak merasakan dampaknya segera, postur tubuh yang buruk merupakan “tabungan” yang buruk bagi penyakit tulang belakang, bahu, pinggul, dan bahkan lutut di kemudian  hari. Mereka kerap datang dalam bentuk rasa sakit kronis, kelelahan, kekakuan sendi, bahkan sakit kepala yang rutin.

Kini, lebih dari 80 persen orang Amerika mengeluh masalah sakit punggung. Disebabkan karena otot yang kaku dan pegal akibat postur tubuh yang buruk selama bertahun-tahun. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya postur tubuh buruk, sehingga Schmidt menyarankan Anda untuk waspada.

Di antaranya ialah tidur di kasur yang buruk (terlalu empuk atau terlalu keras), kelebihan berat badan, memakai sepatu yang salah (sepatu yang tidak nyaman seperti hak tinggi), duduk yang tidak benar dalam waktu lama, terlalu banyak duduk, berdiri terlalu lama, dan stres.

"Bukan hal mudah untuk senantiasa mendapatkan postur tubuh yang baik. Namun Anda bisa mengantisipasinya dengan berjalan kaki setelah terlalu lama duduk. Begitu juga bila terlalu lama berdiri, duduklah untuk meluruskan kaki sejenak. Rutin olahraga dengan bimbingan pelatih bisa menjadi solusi,” papar Schmidt.

Sedangkan untuk melihat apakah postur tubuh Anda ideal atau tidak, ialah dengan bersandar di dinding. Pastikan kepala dan bokong menyentuh dinding. Postur yang benar ialah bila lekukan leher belakang dengan dinding berjarak dua inci. Sedang jarak antara punggung bawah dan dinding haruslah satu atau dua inci.

Bila Anda tidak yakin dengan postur tubuh atau mengalami gangguan yang berhubungan dengan postur, ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan terapis. Pasalnya, postur yang salah bisa membuat kondisi Anda semakin parah seiring bertambahnya usia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com