Kompas.com - 10/12/2015, 17:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com – Payudara kendur merupakan salah satu masalah yang umum dialami wanita. Penyebabnya antara lain, faktor usia, masalah hormonal, hingga akibat penurunan berat badan.

Untuk mencegah payudara kendur atau membuatnya kembali kencang, banyak wanita yang akhirnya melakukan perawatan khusus. Sayangnya, banyak pula wanita yang masih percaya mitos tetang payudara kendur sehingga perawatan pun tak akan maksimal.

Berikut mitos tentang payudara kendur dan bagaimana faktanya seperti dikutip dari Boldsky.com

Merokok tidak menyebabkan payudara kendur
Ini adalah mitos. Merokok justru bisa menyebabkan payudara wanita kendur karena kandungan berbahaya dari rokok bisa memecah serat kolagen dan elastin payudara. Elastin adalah protein yang membantu kulit tetap fleksibel dan elastis. Kolagen dan elastin inilah yang menjaga payudara wanita tetap kencang.

Payudara kendur karena menyusui
Mitos ini sangat menyesatkan para wanita. Ketahuilah bahwa menyusui tidak akan menyebabkan payudara kendur. Kendurnya payudara dipengaruhi oleh perubahan hormonal pasca melahirkan. Penurunan berat badan setelah melahirkan juga bisa menyebabkan kendur.

Penggunaan bra cegah payudara kendur
Ini adalah mitos yang paling umum bahwa menggunakan bra bisa mencegah payudara kendur. Penggunaan bra tidak akan memengaruhi kencang atau tidaknya payudara wanita. Akan tetapi, menggunakan bra yang pas untuk payudara Anda  memang bisa menyokong payudara yang kendur.

Ukuran payudara kecil tidak akan kendur
Kendurnya payudara tidak ditentukan oleh ukurannya. Payudara kecil pun bisa kendur. Semua  tergantung pada  banyaknya lemak dan jaringan di payudara. JIka lebih banyak jaringan, maka lebih rentan mengalami payudara kendur.

Latihan khusus payudara cegah kendur
Ingat, tidak ada otot di payudara. Dengan begitu tidak ada latihan khusus untuk payudara agar tetap kencang. Akan tetapi, ada latihan untuk bagian dada Anda yang bisa membuat daerah payudara ikut menjadi kencang. Misalnya push up untuk mengurangi timbunan lemak berlebih di sekitar dada. Atau melakukan angkat beban untuk mengencangkan daerah sekitar dada dan payudara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.