Kompas.com - 26/12/2015, 19:03 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Wanita berusia 20-an mungkin sudah sering dibombardir pertanyaan kapan menikah atau punya bayi. Tenang, dunia belum berakhir bagi wanita 20-an yang belum menikah atau punya bayi.

Terungkap dari data 2013, bahwa rata-rata wanita saat ini melahirkan anak pertama di usia 26 tahun. Namun, sebuah studi baru menemukan lebih bijaksana jika wanita sabar menunggu sedikit lebih lama untuk punya bayi.

Laporan peneliti independen dari London School of Economics menganalisa data dari Millennium Cohort Study yang memonitor perkembangan 18 ribu anak-anak Inggris dalam periode lama untuk menentukan dampak usia ibu terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Ternyata, ditemukan usia emas ibu untuk punya anak ada di usia 30-an.

Studi itu diterbitkan di jurnal Biodemography and Social Biology. Studi itu menemukan, bayi yang lahir dari perempuan berusia 30-an cenderung lebih cerdas, mendapatkan skor lebih tinggi dalam tes kognitif dan lebih unggul dibandingkan dari anak yang dilahirkan ibu usia 20 atau 40-an.

"Tambahan lagi, ibu baru di usia 30-an cenderung lebih terdidik, memiliki pendapatan lebih tinggi, bergaya hidup lebih sehat, mendapatkan perawatan pra-kehamilan lebih dini dan merencanakan kehamilan lebih baik," kata peneliti bernama Alice Goisis.

Sementara wanita yang melahirkan anak di usia 40-an cenderung menyusui anaknya, lebih sering membacakan cerita untuk anaknya, tidak merokok. Namun, anak wanita usia 40-an cenderung gemuk, karena wanita di usia ini lebih cenderung tidak bermain bersama anaknya dibandingkan perempuan lebih muda usianya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.