Kompas.com - 29/12/2015, 19:15 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Ada satu hal yang sering menjengkelkan para wanita di seluruh dunia, usai bercinta para pasangan mereka langsung tertidur.

Sebaliknya, para wanita biasanya tak bisa langsung memejamkan mata dan masih ingin melanjutkan kemesraan.

Sebenarnya pria tak bisa disalahkan sepenuhnya. Langsung tertidur itu ternyata disebabkan karena peningkatan kadar hormon prolaktin. Hormon ini memang naik kadarnya usai ejakulasi.

Prolaktin akan menekan dopamin, neurotransmitter yang membuat kita merasa ingin melek. Hormon prolaktin pada wanita tidak setinggi itu setelah berhubungan seksual.

Tetapi, prolaktin bukan satu-satunya alasan mengapa rasa kantuk langsung muncul. Hormon bahagia, oksitosin, juga meningkat selama berhubungan seks sehingga semua hal yang membuat stres langsung dilupakan. Akibatnya, tubuh pun lebih rileks dan mata jadi mudah terpejam.

Jika Anda berhubungan seks dengan lampu menyala, tubuh akan memberikan sinyal jam biologis ini waktunya tidur. Ketika itu terjadi, hormon melatonin akan naik.

Saat prolaktin, oksitosin, dan melatonin, muncul bersamaan, tidur pun lebih mudah didapatkan dan tentunya lebih nyenyak.

Bagaimana jika kita tak ingin merasa lelah setelah bercinta? Sebaiknya Anda terjaga dulu sejenak. Mengobrol dengan pasangan bisa membantu kita tak langsung tidur.

Selain itu, jauhi tempat tidur usai bercinta. Otak kita terlanjur mengaitkan tempat tidur sebagai tempat untuk tidur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Menshealth
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.