Kompas.com - 02/01/2016, 18:45 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com Saat sakit, tak hanya obat-obatan yang bisa menyembuhkan. Berbagai cara alami juga mampu membantu penyembuhan. Salah satunnya, yaitu dengan mengenakan kaus kaki basah. Mungkin terdengar aneh. Akan tetapi, berbagai percobaan telah membuktikannya.

Mengenakan sepasang kaos kaki basah akan membantu Anda merasa lebih baik ketika menderita suatu penyakit tetentu. Berikut sejumlah penyakit yang bisa diringankan dengan mengenakan sepasang kaus kaki basah saat tidur, seperti dikutip dari Boldsky.com.

Demam
Ketika suhu tubuh tinggi, cobalah pakai kaus kaki basah saat tidur. Namun, jangan basahi kaus kaki dengan air biasa. Caranya, isilah mangkuk dengan dua gelas air dan tambahkan satu sendok makan cuka. Setelah itu rendamlah sepasang kaus kaki ke dalam mangkuk tersebut. Peraslah kaus kaki dan pakai dalam semalam.

Dalam waktu 40 menit, penggunaan kaus kaki basah dapat menurunkan suhu yang tinggi. Penelitian mengungkapkan, cuka dapat menurunkan demam dan meningkatkan aliran darah. Selain itu, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah masalah kesehatan lebih lanjut. 

Batuk
Batuk tak juga berhenti? Cobalah tidur dengan sepasang kaus kaki basah. Tuang dua cangkir susu ke dalam mangkuk, tambahkan satu sendok makan madu dan masukkan irisan bawang yang dipotong dadu. Kemudian, celupkan sepasang kaus kaki dan peras sebelum digunakan.

Pasalnya, susu dan bawang dapat meringankan batuk karena antibakteri dan anti-inflamasi, serta mampu pengeluaran dahak.

Sembelit
Siapa sangka, sembelit atau susah buang air besar bisa dibantu penyembuhannya dengan mamakai kaos kaki basah.

Tambahkan wadah berisi air dengan potongan apel, satu sendok makan madu, satu sendok makan biji rami. Celupkan kaos kaki berbahan wol ke dalam wadah tersebut dan peras sebelum digunakan. Memakai kaus kaki basah bisa membantu sebagai obat pencahar.

Masalah pencernaan
Masalah pada perut atau pencernaan, juga bisa dibantu dengan mengenakan kaos kaki basah. Caranya, rebuslah biji jinten dan biji adas selama 15 menit. Kemudian, pakailah kaos kai basah yang telah dicelupkan ke dalam air rebusan tersebut.

Cara ini dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam perut dan mencegah infeksi. Masalah pencernaan akan teratasi kurang dari 30 menit.

Kelelahan
Memakai kaus kaki basah bisa menjadi obat lelah. Pakailah kaus kaki basah yang telah direndam ke dalam wadah air campuran satu sendok makan minyak kayu putih. Minyak kayu putih dipercaya dapat menyegarkan dan membuat suasana hati menjadi lebih baik. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.