Kompas.com - 14/03/2016, 16:15 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Buang air besar teratur bukan hanya membuat perut lega, perasaan pun ikut lega. Sayangnya, tak semua orang dapat teratur buang air besar. Teratur berarti buang air besar di waktu yang sama setiap hari.

Beruntunglah mereka yang tak butuh alarm untuk buang air besar. Setiap pagi, secara otomatis mereka dapat buang air besar lantas mandi pagi. Sistem tubuh mereka bekerja serutin jam.

Sebagian dari kita tidak mengalami hal seperti itu. Mungkin kita termasuk yang buang air besar ketika sudah amat mendesak. Agak merepotkan memang, ketika itu terjadi saat perjalanan jauh dengan fasilitas toilet kurang memadai.

Ada pula jenis orang yang rela menahan buang air besar agar dapat melakukannya di rumah. Hal ini sejatinya kurang baik. Terus menerus menahan buang air besar dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti konstipasi, kembung atau nyeri perut.

Sebenarnya, kapankah waktu terbaik untuk buang air besar? Dr Kenneth Koch mengatakan waktu terbaik untuk melakukannya adalah segera setelah bangun tidur. "Bagi sebagian besar orang, waktu terbaik dan teraturnya adalah di pagi hari," katanya.

Segera buang air besar di pagi hari adalah waktu terbaik untuk buang air besar karena sementara kita tertidur, usus kecil dan usus besar sibuk memroses makanan yang kita santap sehari sebelumnya. Di pagi hari, sisa makanan itu siap untuk dibuang.

Tetapi buang air besar teratur dan terjadwal hanya dapat terjadi ketika kita konsisten. Usus seperti halnya sebagian besar dari kita lebih menyukai rutinitas dan mereka akan berterima kasih, jika kita dapt buang air besar di jam yang sama setiap hari. Bila kita mampu menciptakan waktu buang air besar yang rutin, tubuh kita akan luar biasa gembira.

"Anda dapat memikirkan 100 alasan tak punya waktu, tetapi sempatkan sarapan, kenali kebutuhan buang air besar. Itulah bagaimana caranya Anda punya kegiatan yang teratur," kata Koch.

Saat usus kita bahagia, diri kita juga bahagia. Mereka yang punya jadwal buang air besar teratur jarang punya masalah perut kembung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber POP SUGAR
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.