Kompas.com - 16/03/2016, 20:00 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Kegemukan dan kelelahan ternyata berkaitan erat. Kurang tidur yang membuat kita kelelahan bisa membuat metabolisme tubuh lebih lambat.

Setelah kekurangan beberapa jam waktu tidur selama lima hari berturut-turut, tingkat metabolik istirahat atau jumlah kalori yang dibakar saat istirahat, melambat sampai sekitar 3 persen. Jumlah itu setara dengan pembakaran 42 kalori, atau sekitar cokelat bar Snicker ukuran kecil.

Mengapa terjadi pelambatan itu memang belum jelas, tetapi para ahli menyebut hal itu terkait dengan homeostatis atau bisa disebut juga dengan kemampuan tubuh menjaga semuanya dalam kondisi seimbang.

Jika kita belum tidur sampai larut malam, tubuh mengompensasi dengan membakar kalori lebih sedikit keesokan harinya.

Akibatnya, kalori yang kita asup menjadi lebih banyak dari yang diperlukan. Hal itu merupakan kombinasi dari metabolisme yang lambat dan peningkatan rasa ingin makan sesuatu yang tidak sehat.

Kurang tidur juga membuat peningkatkan hormon yang mengatur rasa lapar. Kondisi ini dalam jangka panjang sudah tentu akan meningkatkan berat badan.

Kondisi yang merugikan bagi upaya penurunan berat badan itu bisa kita hentikan. Jika kita sudah kembali pada waktu tidur yang normal, metabolisme pun akan normal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Menshealth
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.