Kompas.com - 12/04/2016, 09:07 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Ya, kehidupan zaman sekarang memang luar biasa cepatnya. Setiap hari, hampir semua orang berpacu dengan waktu sehingga tidak ada cukup waktu untuk menjalankan program diet yang sudah ada di dalam pikiran.

Ambil napas dalam-dalam dan jangan khawatir, ikuti ide-ide penurunan berat badan yang simpel dan tidak memakan banyak waktu di bawah ini.

 

1. Bersihkan dapur Anda dari junk food
Semua makanan dan minuman yang sarat gula, makanan olahan seperti keripik dan kerupuk, makanan tinggi lemak trans. Singkirkan semua itu dari dapur dan kulkas Anda.

"Jika semua makanan dan minuman itu masih ada di dapur, saat lapar, Anda akan cenderung mengambil makanan atau minuman tidak sehat yang menggemukkan tersebut," jelas Alissa Rumsey, RD, ahli gizi dan juru bicara Academy of Nutrition and Diet.

 

2. Tempatkan makanan sehat tepat sejajar mata
Setelah semua makanan 'sampah' dibuang, ganti dengan makanan rendah lemak rendah kalori yang menyehatkan. Tempatkan makanan-makanan itu di tempat yang mudah dijangkau dan dilihat.

Makanan yang bisa Anda pilih, misalnya buah-buahan, salad, yogurt, tuna, dan quinoa-rendah lemak serta sereal gandum utuh.

 

3. Catat jadwal rutin olahraga Anda
Biasanya, sesuatu yang rutin dilakukan tidak dicatat dalam agenda atau pengatur skedul ponsel. Namun, khusus untuk jadwal latihan, perlakukanlah secara istimewa, seperti jadwal meeting dengan klien penting. Catat jadwal olahraga Anda di tempat biasanya Anda mencatat janji-janji superpenting.

Hal ini akan menimbulkan perasaan bahwa berolahraga adalah hal yang urgent yang harus dilakukan, sama seperti Anda harus melakukan presentasi di depan klien.

 

4. Siapkan dalam porsi besar
Yang dimaksud di sini adalah menyiapkan makanan sehat rendah kalori di awal hari dalam porsi besar sehingga bisa untuk makan siang dan malam. Cara ini akan sangat menghemat waktu Anda.

 

5. Jangan mengandalkan gula dan kafein
"Ketika kita sedang stres dan terimpit waktu, kita cenderung untuk beralih ke stimulan seperti kopi dan minuman manis untuk mendapatkan energi sepanjang hari," kata Rumsey.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.