Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kebiasaan yang Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan

Kompas.com - 24/03/2016, 08:35 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Untuk menurunkan berat badan, Anda tahu aturan dasarnya, yaitu diet sehat dan olahraga. Tapi, ada lho cara lain yang walau agak aneh, ampuh membantu program pencapaian berat badan ideal. Inilah tujuh cara tersebut.

 

1. Mencium aroma peppermint
Rutin mencium aroma peppermint, dapat mengurangi kadar lapar dan otomatis jumlah kalori yang Anda asup, demikian dilaporkan oleh sebuah studi Desember lalu. Jadi, Anda bisa menghirup aroma pepermint langsung dari daunnya ataupun dari minyak aromatherapy.

 

2. Pilih piring warna merah
Sebuah studi lain mengungkapkan, bahwa menggunakan piring berwarna merah dapat membantu Anda makan lebih sedikit.

 

3. Bayar tunai
Sebuah penelitian mengatakan, membayar dengan uang tunai saat belanja akan mendorong Anda lebih memilih makanan sehat, dibanding jika membayar dengan kartu kredit.

 

4. Kurangi yang manis
Mengurangi konsumsi yang manis-manis telah lama dikaitkan dengan kadar lemak perut yang lebih rendah, demikian menurut penelitian bulan November 2013.

 

5. Turunkan temperatur kamar tidur
Menurunkan suhu pemdingin ruangan di waktu malam akan mendorong tubuh membakar lebih banyak lemak. Pasalnya, tubuh membutuhkan panas yang lebih banyak untuk menahan dingin dan bahan bakar panas tersebut adalah lemak di tubuh Anda.

 

6. Gambar makanan sehat
Menempelkan gambar-gambar makanan sehat rendah kalori di pintu kulkas, akan mendorong Anda membatasi jumlah kalori, demikian ungkap penelitian bulan November 2014.

 

7. Rapikan meja kerja
Meja kerja yang tertata rapi dapat mendorong Anda merapikan hal-hal.lain dalam hidup, termasuk pola makan. Ini artinya, Anda lebih terpicu memilih makanan sehat rendah kalori, alih-alih junk food berlemak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com