Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan Sesuai Kriteria Ideal Bukan Jaminan Kebahagiaan

Kompas.com - 31/05/2016, 20:09 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Para peneliti menemukan, kepuasan seseorang dalam hubungan yang romantis tidak terkait dengan seberapa baik kualitas pasangan—yang sesuai dengan ciri-ciri ideal yang mereka miliki.


Temuan yang dipublikasikan secara online dalam jurnal Psychological Science ini justru menemukan, hubungan yang bahagia tidak ditentukan oleh pasangan yang ideal, melainkan pasangan yang serius menjalani hubungan tersebut, kata Daniel Conroy-Beam, seorang mahasiswa pascasarjana di bidang psikologi di Universitas Texas di Austin dan penulis utama studi.


Temuan ini menunjukkan, bahwa orang tidak perlu memiliki atau mencari-cari pasangan yang ideal sesuai dengan kriteria. Sebaliknya, mereka disarankan untuk mensyukuri hubungan yang sedang dijalani, kata Conroy-Beam.


"Memiliki pasangan yang ideal tidak benar-benar membuat seseorang lebih bahagia, carilah pasangan yang benar-benar serius menjalani hubungan tersebut dengan Anda," katanya.


Dalam salah satu eksperimen, para peneliti merekrut 300 responden, yang terlibat dalam hubungan heteroseksual, dan bersedia menyelesaikan survei online.


Lebih dari setengah peserta sudah menikah, seperempat berkencan secara serius, dan sisanya masih berkencan santai. Rata-rata, lama hubungan yang telah dijalani responden sekitar enam tahun.


Survei tersebut meminta setiap peserta untuk memberi peringkat, pada skala dari 1 (berarti tidak penting) hingga skala 7 (berarti sangat penting), tentang pentingnya 27 sifat yang dimiliki oleh pasangan untuk menjalani hubungan jangka panjang.


Kualitas tersebut meliputi kecerdasan, kebaikan, ketergantungan, prospek keuangan, keinginan fisik hingga kesehatan.


Hasil penelitian menunjukkan, bahwa kepuasan peserta dalam hubungan tidak tergantung pada seberapa baik pasangan mereka saat dibandingkan dengan tipe ideal yang mereka harapkan.


Sebaliknya, kepuasan hubungan terkait dengan apakah seseorang bisa menemukan pasangan yang bersedia menjalani hubungan tersebut dengan serius.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com