Kompas.com - 31/05/2016, 20:09 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Para peneliti menemukan, kepuasan seseorang dalam hubungan yang romantis tidak terkait dengan seberapa baik kualitas pasangan—yang sesuai dengan ciri-ciri ideal yang mereka miliki.


Temuan yang dipublikasikan secara online dalam jurnal Psychological Science ini justru menemukan, hubungan yang bahagia tidak ditentukan oleh pasangan yang ideal, melainkan pasangan yang serius menjalani hubungan tersebut, kata Daniel Conroy-Beam, seorang mahasiswa pascasarjana di bidang psikologi di Universitas Texas di Austin dan penulis utama studi.


Temuan ini menunjukkan, bahwa orang tidak perlu memiliki atau mencari-cari pasangan yang ideal sesuai dengan kriteria. Sebaliknya, mereka disarankan untuk mensyukuri hubungan yang sedang dijalani, kata Conroy-Beam.


"Memiliki pasangan yang ideal tidak benar-benar membuat seseorang lebih bahagia, carilah pasangan yang benar-benar serius menjalani hubungan tersebut dengan Anda," katanya.


Dalam salah satu eksperimen, para peneliti merekrut 300 responden, yang terlibat dalam hubungan heteroseksual, dan bersedia menyelesaikan survei online.


Lebih dari setengah peserta sudah menikah, seperempat berkencan secara serius, dan sisanya masih berkencan santai. Rata-rata, lama hubungan yang telah dijalani responden sekitar enam tahun.


Survei tersebut meminta setiap peserta untuk memberi peringkat, pada skala dari 1 (berarti tidak penting) hingga skala 7 (berarti sangat penting), tentang pentingnya 27 sifat yang dimiliki oleh pasangan untuk menjalani hubungan jangka panjang.


Kualitas tersebut meliputi kecerdasan, kebaikan, ketergantungan, prospek keuangan, keinginan fisik hingga kesehatan.


Hasil penelitian menunjukkan, bahwa kepuasan peserta dalam hubungan tidak tergantung pada seberapa baik pasangan mereka saat dibandingkan dengan tipe ideal yang mereka harapkan.


Sebaliknya, kepuasan hubungan terkait dengan apakah seseorang bisa menemukan pasangan yang bersedia menjalani hubungan tersebut dengan serius.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.