Kompas.com - 20/06/2016, 17:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Jangan mengandalkan kafein untuk mengatasi rasa lelah dan kurang konsentrasi akibat kurang tidur. Untuk efek begadang 3 malam berturut-turut, kafein ternyata tak efektif.

Minuman berkafein memang meningkatkan kewaspadaan dan juga mengurangi kantuk akibat kurang tidur.

Namun, dalam penelitian terbukti, dosis kafein yang biasa kita konsumsi ternyata tidak bisa mencegah penurunan performa akibat kekurangan tidur beberapa hari.

Penelitian itu dilakukan terhadap 48 orang dewasa sehat yang kurang tidur selama 3 hari. Mereka diberi 200 miligram kafein (rata-rata secangkir kopi mengandung 95 miligram kafein) atau plasebo tanpa zat aktif dua kali sehari.

Selain itu, para partisipan juga diberi tes mental setiap jam saat mereka terjaga. Pada beberapa hari pertama, mereka yang diberi kafein mendapatkan hasil tes yang baik. Namun, setelah beberapa hari kurang tidur, ternyata efek kafein tidak sekuat sebelumnya.

Orang dewasa disarankan tidur 7-8 jam setiap malam. Tidur cukup bukan hanya membuat kita lebih produktif, tapi juga membuat tubuh tak mudah sakit dan tentunya lebih bugar.


Sumber Health
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X