Kompas.com - 05/08/2016, 14:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Sejak 50 tahun lalu, para peneliti secara serius mempelajari tentang kepribadian tipe A dan dampaknya bagi kesehatan. Namun, tak banyak orang yang mengetahui apa saja ciri kepribadian tipe A ini.

Biasanya, orang yang memiliki sifat kompetitif, pekerja keras, dan juga emosinya mudah tersulut, disebut sebagai orang dengan kepribadian tipe A.

Memang ada banyak pendapat mengenai ciri tipe kepribadian ini. Namun, secara umum ada beberapa ciri khas:

- Kurang sabar
Orang dengan kepribadian tipe A biasanya sangat mementingkan waktu, sehingga mereka tampak kurang sabar. Tak heran jika mereka juga sering tidak suka mengantri lama, menginterupsi orang lain, berjalan dan berbicara dengan cepat, serta selalu memperhatikan waktu yang harus dipakai untuk mengerjakan sesuatu.

- Gampang marah dan agresif
Sifat ini muncul dalam bentuk gampang marah, bahkan oleh hal kecil, tidak sopan, dan juga tidak sabaran.

Sisi positif dari orang dengan tipe kepribadian ini antara lain kompetitif, berorientasi kuat pada pencapaian, dan rela bekerja keras.

Para ahli mengamati bahwa orang-orang yang memiliki kepribadian tersebut biasanya rentan menderita beberapa penyakit, terutama tekanan darah tinggi, stres, isolasi sosial, dan serangan jantung.

Pengaruh lingkungan

Sifat-sifat yang dimiliki orang dengan tipe A ini, menurut para ahli, merupakan reaksi dari faktor lingkungan, atau dipengaruhi oleh budaya dan struktur kerja.

Sebagian orang mungkin punya kecenderungan memiliki sifat yang intens, tetapi akan diperparah oleh stres atau lingkungan yang serba kompetitif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Verywell
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.