Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gampang Marah Jadi Ciri Orang dengan Tipe Kepribadian A?

Kompas.com - 05/08/2016, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Sejak 50 tahun lalu, para peneliti secara serius mempelajari tentang kepribadian tipe A dan dampaknya bagi kesehatan. Namun, tak banyak orang yang mengetahui apa saja ciri kepribadian tipe A ini.

Biasanya, orang yang memiliki sifat kompetitif, pekerja keras, dan juga emosinya mudah tersulut, disebut sebagai orang dengan kepribadian tipe A.

Memang ada banyak pendapat mengenai ciri tipe kepribadian ini. Namun, secara umum ada beberapa ciri khas:

- Kurang sabar
Orang dengan kepribadian tipe A biasanya sangat mementingkan waktu, sehingga mereka tampak kurang sabar. Tak heran jika mereka juga sering tidak suka mengantri lama, menginterupsi orang lain, berjalan dan berbicara dengan cepat, serta selalu memperhatikan waktu yang harus dipakai untuk mengerjakan sesuatu.

- Gampang marah dan agresif
Sifat ini muncul dalam bentuk gampang marah, bahkan oleh hal kecil, tidak sopan, dan juga tidak sabaran.

Sisi positif dari orang dengan tipe kepribadian ini antara lain kompetitif, berorientasi kuat pada pencapaian, dan rela bekerja keras.

Para ahli mengamati bahwa orang-orang yang memiliki kepribadian tersebut biasanya rentan menderita beberapa penyakit, terutama tekanan darah tinggi, stres, isolasi sosial, dan serangan jantung.

Pengaruh lingkungan

Sifat-sifat yang dimiliki orang dengan tipe A ini, menurut para ahli, merupakan reaksi dari faktor lingkungan, atau dipengaruhi oleh budaya dan struktur kerja.

Sebagian orang mungkin punya kecenderungan memiliki sifat yang intens, tetapi akan diperparah oleh stres atau lingkungan yang serba kompetitif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com