Kompas.com - 19/08/2016, 21:35 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Rutin olahraga? Itu kebiasaan sehat. Tapi, apa jadinya jika Anda tiba-tiba malas olahraga?

Tanpa disadari, berhenti olahraga membuat tubuh kembali tidak sehat. Efeknya bisa Anda rasakan hanya dalam beberapa minggu saja, atau bahkan hitungan hari. Ini dia akibatnya jika tiba-tiba malas olahraga, seperti dikutip dari Boldsky.com.

1. Lemak di perut
Hati-hati, lemak di perut datang lagi ketika Anda mulai berhenti olahraga. Hanya dalam satu atau dua minggu, celana mungkin akan terasa ketat.

Ini karena jumlah kalori yang masuk ke tubuh berlebihan dan tidak dibakar dengan olahraga. Akibatnya terjadi penumpukan lemak secara perlahan.
 
2. Sering lelah
Jika biasanya tak masalah ketika naik-turun tangga, kali ini terasa sangat melelahkan. Ketika berhenti olahraga, kebugaran akan menurun. Anda akan sering merasa lelah tanpa alasan, bahkan setelah melakukan hal ringan sekalipun.

3. Kehilangan otot
Olahraga turut membentuk kekuatan oto. Jika sebelumnya Anda rajin berlatih, kemudian tiba-tiba berhenti, maka kekuatan otot pun perlahan akan hilang. Khususnya saat berhenti olahraga dalam waktu yang lama.

Misalnya, biasanya Anda latihan angkat beban. Ketika sudah berhenti angkat beban, kekuatan pun akan menurun.

4. Kaku
Tubuh pun akan menjadi kaku ketika berhenti olahraga. Bahkan, untuk membungkuk saja tubuh terasa berat.

Apalagi jika Anda biasanya mengikuti yoga yang membuat tingkat fleksibilitas tubuh baik.

5. Insomnia
Pada beberapa orang, insomnia bisa terjadi setelah berhenti olahraga. Sebab, aktivitas fisik yang teratur dapat membuat tidur lebih mudah dan nyenyak.

6. Malas
Berhenti olahraga seolah menghentikan energi yang didapat tubuh. Akibatnya tubuh menjadi malas untuk bergerak sepanjang hari.

Mulailah olahraga dengan intensitas ringan untuk mengembalikan energi Anda.

7. Stres
Stres akan mudah muncul jika Anda berhenti olahraga. Olahraga dikenal merangsang produksi endorfin yang membuat suasana hati lebih baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber BOLDSKY

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.