Kompas.com - 29/08/2016, 21:29 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Siapa yang tidak senang dengan camilan? Si kecil pun pasti senang mengonsumsi makanan kecil. Camilan memang penting untuk tumbuh kembangnya, karena si kecil membutuhkan banyak kalori di samping waktu makan besar. Namun, ada banyak kesalahan saat memberi camilan yang jadi penyebab anak susah makan.


1.Tidak ada waktu makan camilan

Meski dengan porsi kecil, bukan berarti si kecil diperbolehkan makan sepanjang hari. Hal ini dapat berdampak buruk pada pola makannya di kemudian hari.

Ia dapat makan berlebihan saat dewasa nanti. Orangtua perlu menentukan jadwal rutin, waktu untuk camilan seperti beberapa jam setelah sarapan dan pada sore hari.


2.Memberi makan terus menerus saat berada di perjalanan

Saat di mobil atau di kereta dorong, si kecil cenderung bosan dan mudah rewel. Untuk menenangkannya, camilan menjadi “senjata”. Padahal, ini akan membuat anak tidak fokus pada makanan yang mereka konsumsi. Anak pun tidak bisa memahami rasa lapar dan kenyang.

Makan di mobil atau saat dalam perjalanan juga berisiko membuat anak tersedak. Jika berada di luar rumah, cukup siapkan camilan dengan porsi yang sedikit seperti pisang atau biskuit.


3.Makan camilan sebelum atau sesudah waktu makan

Sudah waktunya makan kok si kecil tidak mau makan dan cenderung pilih-pilih. Tentu saja, camilan yang dimakan sebelum waktu makan besar, akan membuat nafsu makannya hilang.

Jadwal makan camilan yang jelas akan menghindarkan masalah ini. Jika anak sudah terlanjur lapar, pilih makanan sehat seperti sayuran. Jangan berikan makanan yang terlalu manis atau asin.


4. Hanya makan makanan ringan

Penyebab anak susah makan adalah menu camilan yang kurang sehat, seperti makanan ringan yang terlalu asin atau manis. Sebenarnya, tak masalah memberikan makanan tersebut sesekali.

Namun, sebaiknya tetap padukan dengan menu lain yang lebih banya,k seperti sayur dan buah-buahan. Pastikan serat, kalsium dan aneka vitamin ada di dalam camilan yang anak makan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.