Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/10/2014, 09:10 WIB

TANYA:
Siang dokter, saya punya anak perempuan 3 tahun dengan BB 11 kg dan tinggi 84 cm. Kalau saya bandingkan dengan anak tetangga, anak saya terlihat kecil, terkesan anak saya pertumbuhan badannya telat. Makannya memang susah, kadang cuma 3-5 sendok di saat jam makan. Tapi bila snack dan coklat amat lahap.
 
Yang mau saya tanyakan adalah apakah ukuran badan kurus dan kecil menurun dari orang tua? Mengingat suami saya termasuk kurus sekali, dengan BB kurang dari 20 dan tinggi 165. Apakah dengan konsultasi ke ahli gizi bisa memperbaiki pertumbuhan anak saya? Mohon masukkan dokter, terimakasih banyak.
 
Renny Gunawaty (33), Jakarta

JAWAB :
Bila berdasarkan status antropometri, putri ibu tampaknya memang termasuk short stature, perawakan pendek. Tampak lebih kecil dibandingkan dengan teman-teman seusianya. Hal ini dapat disebabkan karena faktor keturunan dapat pula karena hal lain.

Sebaiknya ibu periksakan si kecil ke dokter spesialis endokrinologi (hormonal) anak untuk lebih memastikan penyebabnya. Konsultasi ke dokter ahli gizi anak juga dapat bermanfaat.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com