Kompas.com - 30/08/2016, 15:15 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Untuk mengurangi kecanduan rokok, permen karet dengan kandungan nikotin seringkali menjadi “senjata” para perokok untuk meredakan keinginan merokok.

Memang tidak ada keraguan bahwa mengunyah permen karet jauh lebih baik dari merokok. Tapi, mengonsumsi permen karet dengan kandungan sejumlah kecil nikotin—yang berguna mengurangi keinginan merokok, tetap tidak bisa disamakan dengan permen karet biasa.

Menurut American Lung Association, seseorang tidak boleh mengonsumsi lebih dari 24 buah permen karet dengan kandungan nikotin dalam sehari. Dan permen karet jenis itu juga tidak boleh dikonsumsi selama lebih dari tiga bulan.

Penggunaan jangka panjang permen karet nikotin telah dikaitkan dengan masalah kesehatan tertentu seperti:

- Kerontokan rambut.
- Iritasi kulit dan kulit menjadi lebih sensitif.
- Mudah mengalami tekanan darah tinggi.
- Detak jantung tak teratur.
- Resistensi insulin.
- Masalah pencernaan.

Walau dijual bebas di pasaran, sebelum memutuskan untuk mengonsumsi sesuatu dengan kandungan nikotin sebagai cara mengurangi rokok, Anda disarankan untuk berbicara dengan dokter. Jangan sampai, niat ingin lebih sehat justru menimbulkan masalah baru.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Fox News

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.