Kompas.com - 05/09/2016, 16:07 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Sebungkus protein bar diangap sebagai pilihan aman saat diet, dengan harapan protein dapat membuat Anda cepat kenyang dan kenyang lebih lama, sehingga menyukseskan penurunan berat badan.

“Tetapi, sering kali sebuah protein bar tidak benar-benar memiliki banyak protein di dalamnya," kata Brian St Pierre, RD, CSCS, direktur nutrisi kinerja di Presisi nutrisi.

"Tanpa protein yang cukup, sebuah camilan tidak akan bisa memuaskan rasa lapar Anda untuk waktu yang lama," katanya.

Jelas, ini dapat menyebabkan Anda makan berlebihan. Sebab, setelah makan satu protein bar, Anda mungkin menginginkan bungkus kedua atau justru terpacu untuk makan.

Selain itu, jika bar mengandung dua kali lebih banyak karbohidrat ketimbang protein, Anda sangat dapat mengalami lonjakan gula darah, kata Kristin Kirkpatrick, RD, manajer layanan gizi di Cleveland Clinic Wellness Institute.

Tubuh tidak perlu menggunakan insulin untuk memproses protein, tetapi tidak demikian dengan karbohidrat. Lonjakan insulin akibat makan bar yang sarat dengan karbohidrat dapat membuat tubuh lebih lapar dan mengidam untuk makan, katanya.

“Jadi, protein bar dengan kandungan karbohidrat yang tinggi tidak ideal untuk menurunkan berat badan,” papar Kirkpatrick.

Cobalah untuk memilih yang memiliki minimal 15 gram protein atau 20 gram untuk jumlah ideal dan tidak memiliki kandungan lemak melebihi setengah jumlah itu, kata St Pierre. Itu berarti untuk setiap 20 gram protein bar hanya boleh memiliki 10 gram lemak.

Anda juga perlu memastikan bar tersebut memiliki jumlah karbohidrat tidak lebih dari 1,5 kali jumlah protein. Jadi jika bar Anda berisi 20 gram protein, jumlah karbohidrat tidak boleh lebih dari 30 gram, katanya.

“Dan jangan lupa serat! Protein bar dengan kandungan serat 3-5 gram adalah pilihan yang sangat baik," kata Kirkpatrick.

Jumlah tersebut akan membuat Anda merasa puas, membantu dalam mempertahankan rasa kenyang, rejimen usus yang sehat, yang selalu baik untuk manajemen berat badan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.