Kompas.com - 13/09/2016, 21:25 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Lebih dari separuh pria, akan mengalami masalah kebotakan ketika usianya lebih dari 40 tahun. Namun, pada beberapa kasus ada juga pria yang mulai mengalami kebotakan pada usia muda. Biasanya, kebotakan dimulai dengan mundurnya garis rambut Anda. Anda bisa memperlambat proses kebotakan dengan lima strategi dari ahli rambut seperti berikut ini.


1. Meditasi

Kerontokan rambut sering disebabkan oleh stres. Stres membuat tubuh kebanjiran hormon kortisol sehingga menyebabkan hormon lainnya berfluktuasi, jelas Melissa Piliang, M.D., seorang ahli rambut di Cleveland Clinic.

Untuk lebih mengontrol stres, Anda bisa mencoba meditasi tradisional atau meditasi aktif seperti yoga atau tai chi.


2. Minoxidil

Minoxidil mungkin tidak akan mengembalikan apa yang hilang, tetapi dapat membantu Anda memertahankan yang tersisa dan bahkan membantu rambut tumbuh kembali sedikit. Minoxidil membantu meningkatal aliran darah serta oksigen dan nutrisi ke folikel.

Karena obat ini dapat dapat menyebabkan iritasi dan meninggalkan lapisan berminyak pada rambut, pilihlah yang mengandung busa lima persen, kata Dr Piliang.

Gosokkan ke kulit kepala di pagi dan malam hari. Minoxidil tidak terkait dengan disfungsi ereksi atau menyebabkan penurunan libido.


3. Perangkat Laser

Dalam sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2014 dalam American Journal of Clinical Dermatology, pria yang merangsang kulit kepala mereka tiga kali seminggu dengan menggunakan laser, akan mengalami peningkatan kepadatan rambut yang signifikan setelah 26 minggu. Diketahui, laser memiliki efek antioksidan yang berguna menyehatkan folikel rambut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.