Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/04/2014, 08:31 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis


KOMPAS.com - Tidak sedikit pria yang menyerah menghadapi penipisan rambut di kepalanya. Jangan buru-buru menyerah karena masih ada penyembuhan tradisional Tiongkok atau lebih dikenal TCM (Traditional Chinese Medicine).

TCM mendekati masalah kebotakan dengan konsep keseimbangan. “Jadi dalam hal ini TCM merawat rambut bukan hanya di bagian rambut saja tapi pasti mencari akar masalahnya,” ujar Lilis Christine dari klinik akupuntur Vikrist yang terletak di Kuningan Jakarta.

Melalui akupuntur, tubuh kita bukan hanya mengatasi kerontokan rambut tapi juga mengatur keseimbangan fungsi organ tubuh, melancarkan peredaran darah, mencegah serangan penyakit. “Sekaligus juga menghambat proses penuaan. Ibaratnya sambil menyelam minum air. Kerontokan rambut diatasi dan penyakit yang menjadi penyebabnya sekaligus diatasi,” kata Lilis.

Masalah dengan rambut, menurut TCM, bisa jadi merupakan muara dari masalah pencernaan. “Keluhan pencernaan seperti maag atau buang air besar tidak lancar. Masalah ini akan tampak dalam bentuk kerontokan rambut di bagian tertentu. Orang yang punya masalah dengan anus, wasir atau suka ngeden umumnya punya masalah rontok di bagian kepala yang selurus dengan hidung,” paparnya.

Sedangkan kerontokan di ujung dahi, kemungkinan besar ada masalah dengan mata. “Mungkin mata terlalu lelah. Atau seharusnya pakai kacamata tapi dipaksakan tidak memakai,” terangnya. Kerontokan atau kebotakan di mahkota kepala adalah tanda ada masalah di pencernaan. “Cermin ada masalah di usus kecil, usus besar, usus 12 jari dan lambung,” katanya.

Kebotakan karena faktor keturunan bukannya tidak bisa dicegah. “Caranya dengan waspada lebih dini. Sama seperti kita mencegah diabetes ketika tahu orang tua atau saudara kita punya riwayat diabetes lewat pola hidup sehat,” tuturnya.

Faktor keturunan itu biasanya didapat dari pola makan keluarga. “Kerontokan dan kebotakan itu juga dipengaruhi makanan. Terutama makanan yang terlalu pedas dan asin,” tegasnya.

Agar rambut indah dan tak gampang rontok, kita juga sebaiknya menghindari perlakukan kimiawi pada rambut seperti penyambungan rambut, pengecatan, pengeritingan dan pelurusan. Keseimbangan alami rambut terganggu oleh  proses kimiawi ini.

Faktor emosi dan ketegangan pun harus dihindari untuk mencegah kerontokan. Pasalnya, stres dan ketegangan emosi itu mengganggu penyerapan gizi makanan sehingga rambut kekurangan pasokan gizi. Akibatnya jadi mudah rontok.

Akupuntur dalam hal ini bekerja dari dalam tubuh kita. Dari sisi luar, kita perlu membantu kerjanya dengan pola hidup lebih sehat. “Dan hasilnya, kulit kepala jadi lebih sehat. Tidak kering dan tidak berminyak. Dengan kondisi ini, rambut jadi lebih indah dan tidak mudah patah serta rontok,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com