Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyakit Aneh, Wanita Ini Mengaku Alergi Cuaca Inggris

Kompas.com - 14/09/2016, 14:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com - Ada berbagai jenis alergi, mulai dari yang gejalanya ringan sampai yang mematikan. Katie Steward (39), pengidap alergi ekstrim bahkan terpaksa meninggalkan Inggris dan pindah ke Spanyol untuk meredakan gejala yang menyakitkan setiap kali datang cuaca berangin di Inggris.

Katie mengaku mengalami alergi parah terhadap cuaca yang tidak bersahabat. Ketika angin berhembus, Ketie merasa bagian otak dan tulang belakangnya akan meledak.

Dokter kemudian mendiagnosis Katie dengan sindrom kelelahan kronis atau dikenal dengan myalgic encephalomyelitis (ME) dan agoraphobia. Namun, setelah mengamati gejala lebih lanjut, Ketie yakin ia memang memiliki alergi yang ekstrem.

Tahun 2012, sebuah tes di rumah sakit yang khusus menangani penyakit lingkungan menunjukkan Katie positif mengalami sensitivitas tinggi terhadap bahan kimia hingga makanan. Ketie mengatakan, ia mengalami intoleransi kimia atau dikenal dengan Multiple Chemical Sensitivity. Tubuhnya akan sangat sensitif terhadap paparan bahan kimia di udara.

Ketika alerginya kambuh, Katie bahkan harus tidur dengan masker agar tetap bisa bernapas dengan baik. Banyak hal aneh yang terjadi tiba-tiba pada tubuhnya, seperti kejang-kejang, mengompol, tidak bisa mengangkat kepala dari bantal, termasuk beranjak dari tempat tidur sekalipun.

Tahun 2013, tiba-tiba usus Katie tidak mampu mencerna makanan padat. Ia terpaksa konsumsi makanan cair, bahkan makanan bayi. Terkadang, Katie akan merasa sakit ketika terkena cahaya, suara, bahkan gerakan dan sentuhan.

Akibat penyakit aneh ini, Katie merasa telah kehilangan segalanya yang ia punya, mulai dari rumah, teman-teman, semua barang miliknya, hingga hewan peliharaannya. Sebelumnya, Katie dikenal sebagai wanita yang sangat ceria.

"Saya rindu tiba di suatu tempat di mana saya bisa bernapas lega dan dapat melepaskan rasa sakit, serta memiliki tempat yang aman untuk tidur," kata Katie.

Sayangnya, tempat barunya di Spanyol ternyata belum sepenuhnya meredakan gejala sakitnya. Untuk membuatnya lebih nyaman, Ketie ingin pindah ke daerah pegunungan terpencil yang bebas bahan kimia di udara, yaitu di New Mexico.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com