Suka Makan Cokelat? Ini Manfaatnya

Kompas.com - 16/10/2016, 17:15 WIB
Ilustrasi makan cokelat ShutterstockIlustrasi makan cokelat
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Cokelat banyak disukai karena kelezatannya, baik dalam bentuk makanan atau dijadikan minuman. Di balik nikmatnya cokelat, ternyata ada banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Peneliti dari Brown University telah memperkuat temuan yang menyatakan senyawa dalam kakao baik untuk kesehatan sistem kardiovaskular.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition telah menganalisis 1.100 orang yang diminta konsumsi cokelat.

Mereka ingin mengetahui apakah cokelat yang mengandung senyawa flavanols dapat menjaga kadar kolesterol, meningkatkan sensitivitas terhadap insulin dan hormon yang mengontrol kadar gula darah.

"Kami menemukan bahwa asupan coklat flavanol dapat mengurangi dislipidemia (peningkatan trigliserida), resistensi insulin, dan peradangan sistemik. Semua itu adalah faktor risiko penyakit kardiometabolik," ujar Direktur Center for Global Cardiometabolic Health di Brown University, Dr. Simin Liu.

Manfaat tersebut bisa didapatkan jika sehari-hari konsumsi sebatang cokelat maupun minuman yang terbuat dari bubuk kakao hitam.

Namun, penulis utama, Xiaochen Lin mengingatkan untuk tidak terlalu banyak konsumsi produk cokelat berupa permen atau cokelat putih, karena mengandung gula lebih tinggi dibanding cokelat hitam.

Meski rasanya lebih pahit, cokelat hitam atau dark cokelat adalah pilihan yang tepat untuk para pencinta cokelat agar mendapatkan manfaat sehat.

Manfaat kakao, khususnya dalam cokelat hitam sudah banyak ditemukan para peneliti. Selain untuk kesehatan jantung, makan cokelat hitam juga dipercaya membantu penurunan tekanan darah, bahkan penurunan berat badan.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X