Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/10/2016, 10:39 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com - Labu kuning identik dengan perayaan Halloween. Tetapi, Anda tak perlu menunggu Halloween untuk konsumsi buah ini, karena ternyata banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Ahli gizi Cassandra Barns, seperti dikutip dari Dailymail.co.uk, mengatakan, buah labu mengandung serat tinggi dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut 7 manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsi labu kuning, si buah Halloween

1. Membantu menurunkan berat badan
Tak ada alasan untuk menghindari labu kuning dalam program diet Anda. Selain rasanya yang enak, seperti ubi jalar, labu kuning juga membantu menurunkan berat badan.

Manfaat ini didapat karena labu kuning rendah kalori dan karbohidrat. Seperti disebutkan Cassandra, labu kuning juga tinggi serat sehingga membantu seseorang kenyang lebih lama.

2. Menyehatkan kulit
Seperti halnya wortel dan ubi jalar, labu kuning juga kaya akan beta-karoten yang akan diubah menjadi vitamin A.

Kandungan nutrisi ini dikenal dapat mencegah kerusakan sel-sel kulit yang mengakibatkan terjadinya penuaan.

Kandungan beta karoten dan karotenoid itu yang membuat labu berwarna kuning atau oranye cerah. Senyawa tersebut juga bersifat antioksidan yang membantu mencegah kerusakan kulit dari paparan radikal bebas.

3. Tinggi antioksidan
Minyak biji labu mengandung gamma-tocopherol, salah satu bentuk vitamin E. Senyawa yang bersifat antioksidan ini disebut dapat melindungi tubuh dari terbentuknya beberapa jenis sel kanker dan mengurangi peradangan.

Selain tinggi antioksidan alami, minyak biji labu juga mengandung asam lemak tak jenuh ganda. Untuk mendapat kandungan alami, disarankan memilih labu kuning organik.

4. Memperbaiki suasana hati
Cassandra mengatakan, sumber terbaik dari magnesium ada pada biji labu kuning. Magnesium dipercaya dapat meringankan gejala depresi, mengatasi kesedihan, gangguan kecemasan, dan memperbaiki suasana hati seseorang.

Hal ini karena magnesium memengaruhi reaksi kimia di otak dan berdampak pada timbulnya rasa rileks dan bahagia.

5. Sehatkan mata
Buah berwarna kuning atau oranye ini dapat menyehatkan mata, seperti memperlambat penurunan fungsi retina karena kandungan beta-karoten yang tinggi.

Penurunan fungsi retina bisa menyebabkan kebutaan jika tidak ditangani dengan baik. Selain itu, nutrisi pada labu kuning ini juga menunda penyakit mata lainnya seiring bertambahnya usia.

6. Sehatkan jantung
Antioksidan pada labu memiliki efek perlindungan untuk seluruh tubuh, termasuk jantung dan pembuluh darah. Kemudian, tingginya serat pada buah labu dapat menjaga kadar kolesterol dan membantu menurunkan tekanan darah.

Hal ini tentu dapat membantu mencegah penyakit jantung, karena hipertensi dan kolesterol tinggi merupakan faktor risiko sakit jantung.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Dengan makan labu kuning, Anda juga akan mendapatkan manfaat sehat dari asupan vitamin A dan C. Vitamin tersebut sangat penting untuk memelihara sistem kekebalan tubuh seseorang.

Sangat pas menyantap sup labu kuning di musim hujan yang dingin untuk mencegah terserang penyakit, seperti flu, pilek, dan batuk-batuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com