Kompas.com - 03/11/2016, 18:45 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecerdasan seorang anak bukan diukur dari nilai matematikanya. Setiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda-beda.

Pakar multiple inteligence atau kecerdasan multipel, Dr Thomas Armstrong mengatakan, ada 8 jenis kecerdasan anak. Delapan jenis kecerdasan anak ini, yaitu word smart (kecerdasan linguistik), number smart (kecerdasan logika atau matematis), self smart (kecerdasan intrapersonal), people smart (kecerdasan interpersonal), music smart (kecerdasan musikal), picture smart (kecerdasan spasial), body smart (kecerdasan kinetik), dan nature smart (kecerdasan naturalis).

"Anda harus tahu yang mana kecerdasan si anak. Dari situ Anda bisa membantunya untuk berkembang lebih optimal," kata Thomas dalam acara peluncuran Parenting Club di Jakarta, Kamis (3/11/2016).

Untuk mengetahuinya, orangtua tentu harus lebih sering berinteraksi dengan anak. Agar lebih mudah, Thomas pun merancang Smart Strength Finder.

Smart Strength Finder berisi puluhan pertanyaan mengenai anak, seperti apakah anak suka bermain musik, atau apakah lebih suka menggambar.

Setelah semua pertanyaan diisi, akan terlihat bahwa anak cenderung memiliki kecerdasan yang mana. Smart Strength Finder ini dapat diakses melalui situs Parenting Club www.parentingclub.co.id.

Nah, setelah mengetahui jenis kecerdasan yang dimiliki anak, orangtua perlu mendukung anak dengan memberikan stimulasi. Misalnya, anak suka bermain musik. Belikanlah anak mainan drum atau piano untuk mengoptimalkan potensinya.

Untuk memudahkan, orangtua bisa mengunduh modul 21 Days Smart Stimulations di situs Parenting Club.

Parenting Educator, dr Andysa Meliala mengatakan, modul tersebut berisi berbagai aktivitas yang bisa dilakukan orangtua untuk memberikan stimulasi terhadap masing-masing kecerdasan anak.

"Pemberian simulasi selama 21 hari ini diharapkan menjadi langkah awal membentuk kebiasaan orangtua memberikan stimulasi pada anak setiap hari," kata Andy.

Senior Marketing Services Manager PT Wyeth Nutrition, Ika Nursantini Noor menambahkan, situs Parenting Club juga dilengkapi dengan fitur Smart Consultation untuk memudahkan para orangtua berkonsultasi dengan ahlinya dan fitur Smart Stories diperuntukan bagi orangtua untuk bisa bertukar cerita mengenai pola asuh.

"Bahkan, ada fitur Smart School bekerja sama dengan Google. Ini untuk membantu para orangtua mencari sekolah di area dekat tempat tinggal yang bisa mendukung kemampuan si kecil," kata Ika.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.