Kompas.com - 15/11/2016, 19:07 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Setengah dari peminum tidak menyadari kalau alkohol bisa membuat mereka terkena kanker, sebuah survei mengungkapkan.

Meskipun ada peringatan berulang, 43 persen dari peminum tidak tahu bahwa kebiasaan minum alkohol menempatkan mereka pada risiko penyakit berbahaya.

The World Cancer Research Fund mengatakan, 21.000 kasus kanker sebenarnya dapat dicegah setiap tahun jika tidak ada yang minum alkohol.

Minuman keras terbukti dapat meningkatkan risiko tumor di usus, payudara, hati, mulut, tenggorokan dan perut, bahkan menjadi penyebab utama kematian akibat penyakit selain merokok dan obesitas.

Di Inggris, lebih dari 10 juta orang masih minum alkohol lebih dari batas konsumsi mingguan yang disarankan.

Pria dan wanita direkomendasikan tidak boleh minum lebih dari tujuh gelas alkohol atau satu setengah gelas wine per minggu. Ketika rekomendasi itu diabaikan, dokter terkemuka Inggris memperingatkan ada risiko besar terkena kanker di setiap porsi alkohol yang kita minum.

Para ahli mengatakan, seorang peminum harus memiliki beberapa hari bebas alkohol, dalam seminggu.

Sarah Toule dari The World Cancer Research Fund menambahkan, "Ini sangat mengkhawatirkan karena begitu sedikit peminum alkohol yang menyadari bahwa mereka memiliki risiko kanker yang mematikan.”

Setiap jumlah alkohol yang diminum, dapat meningkatkan risiko kanker, sehingga untuk pencegahan kanker, kami sarankan orang tidak minum sama sekali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber The Sun
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.