Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/01/2016, 14:11 WIB

KOMPAS.com - Minum minuman beralkohol dianggap menjadi kebiasaan buruk dan merugikan. Padahal, jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, alkohol tidak akan membuat kecanduan. Nah, berikut ini adalah berbagai mitos seputar minuman beralkohol.

 

1. Minuman keras tidak membuat seseorang menjadi pecandu alkohol

Banyak orang yang mengatakan, bahwa minuman keras dapat membuat seseorang menjadi pecandu, namun ini hanyalah mitos! Mengonsumsi minuman keras dalam jumlah yang tepat, tidak akan membuat seseorang kecanduan alkohol. Yang terpenting adalah harus membatasi jumlah minuman yang akan dikonsumsi dan memerhatikan kandungan alkohol yang ada di setiap minuman.

 

2. Pecandu alkohol hanya minum sendiri

Mitos ini juga harus disingkirkan. Banyak yang beranggapan, bahwa seorang pecandu alkohol tidak mengonsumsi alkohol dalam pertemuan sosial, padahal pecandu alkohol dapat mengonsumsinya sendiri maupun bersama orang lain.

 

3. Seseorang dapat menyetir setelah minum

Ini tidak benar. Meski hanya seteguk, seseorang sebaiknya tidak langsung mengemudi atau menyetir kendaraannya. Hal ini, karena alkohol akan langsung memengaruhi sistem saraf tubuh dan kemudian mengurangi kemampuan untuk berpikir dan bereaksi.

 

4. Minuman keras membuat lebih bergairah

Ada pendapat yang mengatakan bahwa alkohol dapat meningkatkan libido, nyatanya ini tidaklah benar. Alkohol justru menjadi pilihan buruk untuk kualitas seks yang baik.

Alkohol dapat melebarkan pembuluh darah penis dan memungkinkan darah mengalir ke dalamnya dengan mudah. Hal ini kemudian akan membuat aliran darah keluar dari penis dengan cepat dan menyebabkan disfungsi ereksi.

 

5. Kopi hitam membantu menenangkan

Beberapa orang memiliki pandangan bahwa kopi hitam dapat membantu pecandu alkohol untuk menjadi lebih tenang atau menghilangkan rasa mabuk dengan lebih cepat.

Faktanya adalah bahwa kopi tidak menenangkan, justru kafein di dalamnya akan membuat seseorang menjadi merasa lebih mabuk.

 

6. Alkohol memberi kehangatan di cuaca yang dingin

Kehangatan yang muncul dari meminum alkhol hanyalah sementara. Ini karena alkohol mempercepat darah ke permukaan kulit dan menyebabkan sensasi hangat di tubuh. Lama-kelamaan, pada akhirnya alkohol justru akan membuat tubuh menjadi lebih dingin.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com