Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/12/2016, 21:03 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Tak mudah untuk mempertahankan gairah seks setelah sekian lama menjalin hubungan. Jika gairah padam, bukan tak mungkin kehamornisan Anda dan pasangan turut terganggu.

Hubungan jangka panjang tak lepas dari serangan rasa jenuh atau bosan. Dalam hal seks, rasa jenuh ini bisa memadamkan percik gairah yang berujung pada hambarnya aktifitas seksual Anda.

Suka tidak suka, sesi bercinta punya peran penting pada langgengnya sebuah hubungan. Karenanya, butuh cara jitu agar gairah seks tak padam seiring waktu.

Sebuah penelitian terbaru menyebut bahwa usaha keras dan komunikasi merupakan kunci agar seks terasa nikmat, walau seseorang telah lama menjalin hubungan dengan pasangannya.

Jessica Maxwell, Ph.D. selaku peneliti mengatakan bahwa ada individu yang percaya pada ‘takdir seksual’. Artinya, kecocokan seksual terjadi begitu saja sehingga jika gairah seksual padam, maka hubungan pun bisa berakhir.

“Ada juga yang percaya tentang ‘kedewasaan seksual’. Artinya, seks adalah hal yang harus diperjuangkan bersama dalam sebuah hubungan,” ujar Jessica.

Dalam tiga penelitian, Jessica dan timnya bertanya kepada para pria dan wanita mengenai harapan mereka tentang seks. Penelitian ini juga menganalisa kehidupan seksual para partisipan.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa individu yang percaya akan ‘kedewasaan seksual’ memiliki ikatan yang lebih kuat dibanding yang percaya akan ‘takdir seksual’. Alasannya, mereka mau berusaha dan melakukan komunikasi dengan pasangannya agar sesi bercinta tak terasa hambar.

Hal ini masuk akal. Dalam sebuah hubungan, semua bisa dan harus dibicarakan, termasuk seks. Agar gairah terjaga, buatlah sesuatu yang menarik dalam hubungan Anda, termasuk dalam hal seks.

Untuk itu dibutuhkan kerja keras. Percik gairah tak tercipta begitu saja tanpa kerja keras dan komunikasi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber Menshealth
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+