Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/01/2017, 19:05 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber The Sun

KOMPAS.com - Kandungan capsaicin yang terdapat dalam cabai, dinilai peneliti dapat memperlambat bahkan menghentikan pertumbuhan sel kanker payudara.

Cabai bisa menghentikan kanker payudara dengan cara membuat sel-sel kanker merusak diri mereka sendiri, ungkap para ilmuwan. Kandungan capsaicin atau bahan yang memberikan rasa pedas pada cabai, juga dinilai efektif untuk melawan kanker lain seperti kanker usus, tulang dan pankreas.

Namun peneliti menekankan, cara yang efektif bukanlah meminta pasien untuk makan banyak cabai, melainkan memasukkan kandungan capsaicin ke dalam obat yang memang ditargetkan untuk melawan sel-sel kanker.

Untuk mendapatkan hasil itu, ilmuwan Jerman menggunakan sampel sel-sel kanker payudara manusia dan menggunakan capsaicin untuk mengetahui lebih lanjut tentang kemampuan kandungan tersebut dalam menghancurkan pertumbuhan sel sakit.

Peneliti Dr Lea Weber, dari Ruhr University, di Bochum, mengatakan, "Kami melihat penurunan yang signifikan dalam pertumbuhan sel kanker setelah distimulasi oleh capsaicin."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com