Kompas.com - 12/01/2017, 09:05 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Jika Anda sedang hamil muda, ahli menyarankan untuk berpikir dua kali sebelum mengonsumsi obat morning sickness atau obat anti mual, kecuali atas rekomendasi spesialis kandungan.

Belum lama ini Kim Kardashian dibayar oleh Duchesnay untuk mempromosikan produk obat morning sickness bernama Diclegis di Instagram. Sayangnya, ia tak menyebutkan kinerja dan efek samping dari mengonsumsi obat tersebut.

Walau belum tentu tidak aman, tapi ahli mengatakan tidak ada yang benar-benar dapat menyingkirkan morning sickness.

Dr. Navindra Persaud, seorang dokter keluarga dan komunitas di Rumah Sakit Toronto St Michael, baru-baru ini menerbitkan sebuah makalah di jurnal PLoS ONE yang mempertanyakan validitas dari studi yang tidak dipublikasikan FDA yang telah digunakan sebagai pendukung dari khasiat dari pil morning sickness Diclegis tersebut.

"Kami berusaha untuk menyediakan informasi lengkap dan akurat bagi pasien dan dokter, sehingga mereka dapat membuat keputusan yang tepat," kata Persaud. "Informasi ini dapat mendorong FDA untuk meninjau kembali keputusan itu."

Richard Harris dari organisasi media NPR menulis, bahwa FDA pun bahkan belum menemukan obat yang efektif untuk menyembuhkan morning sickness.

The American Congress of Obstetricians dan Gynecologists sendiri merekomendasikan ibu hamil untuk melakukan cara alami untuk meredakan morning sickness seperti konsumsi lebih banyak air putih, buah, atau konsumsi biskuit.

Sehingga mengonsumsi obat morning sickness selama hamil adalah jalan terakhir dan perlu dikonsultasikan dahulu ke dokter kandungan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Yahoo News

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.