7 Masalah Fisik Tanda Anda Sedang Depresi

Kompas.com - 25/01/2020, 16:33 WIB
Ilustrasi depresi SIphotographyIlustrasi depresi

KOMPAS.com - Meski terlihat normal dan bahagia, bisa jadi orang di sekitar kita mengalami depresi.

Depresi yang tak segera ditangani bisa membuat penderitanya kesulitan beraktivitas hingga memiliki keinginan untuk bunuh diri.

Oleh karena itu, kepekaan orang-orang sekitar, penanganan tepat, dan dukungan dari orang-orang terdekat dapat membantu penderita menghadapi depresi yang dialami.

Depresi merupakan gangguan perasaan atau suasana hati yang menyebabkan perasaan sedih terus-menerus dan tidak kunjung menghilang.

Baca juga: 6 Gaya Hidup yang Memicu Depresi

Hal ini membuat penderitanya kehilangan minat dengan hal-hal yang disukai, kesulitan dalam melakukan kegiatan sehari-hari yang normal, dan terkadang merasa hidup tidak layak untuk dijalani.

Meski depresi ini merupakan bagian dari gangguan mental, gejala depresi juga bisa dirasakan oleh fisik.

Bahkan, banyak orang yang mengira depresi yang dialaminya hanyalah bagian dari rasa sakit fisik biasanya.

Melansir laman Healthline, berikut gejala-gejala fisik yang biasa dialami penderita depresi:

1. Kelelahan dan energi yang rendah

Kelelahan adalah gejala umum depresi.

Kadang-kadang kita semua mengalami tingkat energi yang lebih rendah dan dapat merasa lamban di pagi hari, berharap untuk tetap di tempat tidur dan menonton TV alih-alih bekerja.

Halaman:

Sumber Healthline,
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X