Kompas.com - 29/05/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Ada beberapa alasan seseorang ingin melakukan sebuah tes DNA. Beberapa orang ingin mengetahui garis leluhurnya, orang tuanya, atau mungkin ayahnya.

Jika seseorang ingin mengetahui hubungan biologis antara ayah dan anak, DNA Paternity Test atau Tes DNA Paternitas dapat dilakukan untuk mendapatkan jawabannya.

Baca juga: Mengenal Lebih Dalam tentang Tes DNA

Apakah itu tes DNA paternitas?

Melansir Cleveland Clinic, asam deoksiribonukleat, atau DNA, adalah materi genetik yang diwarisi dari pihak ibu dan ayah.

"Paternitas" mengacu pada kebapakan.

Tes DNA paternitas menggunakan DNA, yang biasanya diambil dari usapan pipi bagian dalam, untuk menentukan apakah seorang pria adalah ayah biologis (kandung) dari anak tersebut.

Seberapa akurat tes DNA paternitas?

Tes DNA paternitas sangat akurat.

Sebuah tes dapat menunjukkan dengan akurasi sebanyak 99,9 persen jika ternyata seorang pria bukanlah ayah biologis dari seseorang.

Mengapa orang membutuhkan tes DNA paternitas?

Menetapkan siapa ayah dari seseorang bisa menjadi penting karena beberapa alasan tertentu. Hal ini tentu dapat membantu:

  • Mendapatkan hak hukum atas tunjangan anak, hak asuh anak, tunjangan jaminan sosial, dan warisan.
  • Mengidentifikasi hubungan ke kondisi genetik yang dapat memengaruhi kesehatan jangka panjang.

Baca juga: Risiko Hamil Bayi Kembar yang Perlu Diperhatikan Orangtua

Apa sajakah jenis tes DNA paternitas?

Jika seseorang mencoba membuktikan atau menyangkal peran paternitas karena alasan hukum, tes harus dilakukan di lingkungan medis (tes DNA paternitas legal).

Jika tidak, seseorang dapat menggunakan alat tes DNA paternitas dari rumah yang dapat dibeli secara online atau di toko obat.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.